Kamis, 19 September 2019


Khatib Berpesan Tebar Kasih Sayang pada Siapa Pun

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 122
Khatib Berpesan Tebar Kasih Sayang pada Siapa Pun

KHOTBAH - Khatib Idul Adha, Ahmad Kahfi, saat berkhotbah di lapangan eks MTQ Nanga Pinoh, Minggu (11/8).

Perayaan Hari Raya Iduladha 1440 H digelar di sejumlah masjid dan tempat. Salah satunya dipusatkan di lapangan eks MTQ lama, Desa Kenual Nanga Pinoh, Minggu (11/8). 

Ribuan umat Islam mengikuti salat Id yang dengan khatib Ahmad Kahfi.
Dalam khotbahnya, Ahmad Kahfi meminta para jemaah untuk menyebarkan kebaikan dan kasih sayang pada seluruh umat. Ia juga menyampaikan pesan hikmah dari Hari Raya Iduladha atau kerap dikenal Hari Raya Kurban ini.

“Sesuai dengan hadis nabi 'Berikanlah makanan dan sebarkan salam, dan tebarkanlah kasih sayang pada siapa pun yang kami kenal dan siapa pun yang tidak kamu kenal'. Dari hadis ini, kita ambil kesimpulan bahwa untuk mendapatkan kemulian, sebagai muslim wajib kita memberikan apa pun yang kita miliki demi kemaslahatan umat,” ujarnya.

Ahmad Kahfi juga menjelaskan bahwa Nabi Muhammad saw. sudah memerintahkan agar umat Islam memberikan sebagian rezeki yang dimiliki untuk orang lain, yang mungkin rezekinya tidak sebaik diri kita.

“Kita berharap dengan mengalirnya darah binatang yang kita kurbankan, dapat menyembelih kesombongan serta angkara murka yang ada pada diri kita,” ujarnya.

Di akhir khotbah Iduladha, Ahmad Kahfi juga meminta rohani yang belum tersambung baik dengan Allah, dapat tersambung melalui peringatan Iduladha. Karena dengan tebaran kasih sayang, dapat menjunjung tinggi tugas fungsi umat Islam untuk menyampaikan agama Islam sebagai Rahmatan Lil Alamin.

“Kaum muslimin dan muslimat diharapkan bisa mengambil hikmah Iduladha yang kita rayakan saat ini,” ujarnya.

Dalam salat Iduladha itu, Ketua DPRD Melawi, Abang Tajudin memberikan sambutan mewakili Pemda Melawi. Ia berharap perayaan Iduladha bisa menjadi momentum bersama untuk membangun Melawi menjadi lebih baik ke depan.

“Mari kita bersama-sama untuk mengorbankan ego kita untuk membangun Kabupaten Melawi lebih maju dan baik di masa mendatang,” pesannya.

Sementara itu, Sekretaris Pengurus Hari Besar Islam (PHBI) Melawi, Zulkifli mengungkapkan, ada 64 ekor sapi serta 25 ekor kambing yang akan dikurbankan di sejumlah masjid dan surau. Data ini dihimpun dari wilayah Nanga Pinoh dan sekitarnya.

“Yang berkurban di antaranya Bupati Melawi dua ekor sapi, serta puluhan ekor sapi dan kambing di berbagai surau maupun masjid di Nanga Pinoh,” paparnya. (eko susilo/shella)