Kamis, 19 September 2019


Dewan Sesalkan Bonus Atlet Tak Kunjung Cair

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 227
Dewan Sesalkan Bonus Atlet Tak Kunjung Cair

TERIMA MEDALI - Atlet Taekwondo Melawi saat menerima medali emas di ajang Porprov 2018 lalu. Sampai saat ini bonus untuk para atlet ini tak kunjung cair.

NANGA PINOH, SP – Pencairan bonus atlet Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) yang digelar tahun lalu tak kunjung cair. Hal ini kembali menjadi pertanyaan mengingat dana ini sudah tersedia dalam APBD Melawi.

Wakil Ketua DPRD Melawi, Iif Usfayadi, bahkan menilai semestinya tak ada lagi alasan soal dana tersebut tak segera diberikan pada atlet.

“Atlet ini sudah menerima secara simbolis, tapi ternyata uang bonusnya tak juga diterima. Bahkan sudah berapa bulan pelaksanaan Porprov berlalu, tapi hak mereka yang sudah meraih prestasi di ajang Porprov tak juga terpenuhi,” katanya, Rabu (14/8).

Menurut Iif, tak cairnya bonus atlet menjadi hal yang memalukan bagi Pemda. Mengingat dana tersebut sudah dianggarkan dalam APBD Melawi, tapi tak kunjung diberikan kepada atlet.

“Tak ada persoalan seharusnya dalam proses pencairan dana tersebut. Soal kurang, semestinya dana yang ada bisa diatur dengan bijak, sehingga semua pihak yang sudah berjuang, baik atlet, official maupun pelatih yang sukses membawa medali bagi Melawi juga dapat merasakan hasil perjuangannya,” paparnya.

Ketua Pengcab Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) ini pun berharap, tak ada lagi kendala untuk pencairan dana bonus atlet tersebut. Apalagi informasinya, KONI juga sudah berkali-kali menghadap Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) untuk membicarakan hal tersebut.

“Kasihan atlet kita yang sudah terlalu lama menunggu,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua KONI Melawi, Suarli mengungkapkan, dirinya sudah menghadap kepala Disporapar Melawi, Alexander, Selasa (13/8). Pertemuan ini dilakukan untuk meminta Disporapar segera mencairkan bonus atlet Melawi.

"Sudah tiga kali kami menghadap Disporapar terkait kepastian pencairan bonus. Semoga ada kejelasan untuk kali ini," ujarnya.

Suarli menerangkan dari pertemuan dengan Kadisporapar, terkait bonus atlet baru akan direalisasikan di atas tanggal 20 bulan ini. Ada juga persoalan seperti masih adanya atlet yang belum memberikan nomor rekening.

"Nanti pencairan bonus akan langsung ke rekening atlet dan pelatih berprestasi. Yang belum ada rekening ini, yakni atlet dari Pengcab PERPANI," terangnya.

Persoalan kekurangan dana yang sempat menjadi alasan Disporapar belum mencairkan bonus atlet, menurut Suarli, akan dibicarakan kembali pada 19 Agustus mendatang. Yang pasti, KONI akan terus mendesak agar Disporapar segera merealisasikan pencairan bonus tersebut.

"Karena atlet juga sudah menunggu lama untuk mendapatkan haknya sebagai penghargaan atas raihan prestasi di ajang Porprov tahun lalu," ucapnya.

Suarli sendiri menilai, dana yang dianggarkan Pemkab Melawi untuk bonus atlet tersebut semestinya cukup untuk dibagikan pada seluruh atlet peraih medali Porprov. Karena total dana yang dianggarkan mencapai Rp278 juta.

"Sedangkan khusus bonus atlet sebesar Rp238 juta. Untuk bonus pelatih yang berprestasi hanya diberikan pada delapan pelatih saja," pungkasnya.  (eko/lha)