Kamis, 19 September 2019


Lomba Masak Serba Ikan

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 128
Lomba Masak Serba Ikan

MENCICIPI - Bupati Melawi, Panji mencicipi masakan serba ikan yang dibuat oleh para pelajar SMK dalam lomba masak ikan, Rabu (21/8).

NANGA PINOH, SP - Lomba masak serba ikan digelar PKK Melawi, Rabu (21/8). Lomba ini diharapkan bisa meningkatkan keterampilan memasak ikan dengan berbagai macam jenis masakan serta menyebarluaskan pada masyarakat.

Ketua Tim Penggerak PKK Melawi, Nurbetty Eka Mulyastri Panji mengungkapkan, kegiatan ini digelar dalam rangka Hari Ikan Nasional yang juga mengangkat tema dengan protein ikan menyehatkan masyarakat, mencegah sakit dan menyehatkan anak 

"Lomba masak serba ikan bertujuan meningkatkan keterampilan memasak ikan serta menyebarluaskan ke masyarakatan luas serta  pemanfaatan masakan ikan-ikan lokal," paparnya.

Wanita yang biasa disapa Astri Panji ini menerangkan, lomba masak ikan diikuti para tim penggerak PKK kecamatan serta siswa dari SMK yang ada di Melawi. Penilaian lomba meliputi penyajian, cita rasa, higienis hingga kandungan gizi.

"Tahun ini kita libatkan SMK dan SMA mengapa? Tujuannya regenerasi harus mulai dari sekarang. Agar anak-anak mengetahui cara memasak ikan. Biar melihat dan mengetahui bahwa memasak itu sulit," katanya.

Walaupun banyak yang masih harus diperbaiki, Astri menilai para peserta sudah mulai piawai memasak ikan. Kreasi masakan juga bermacam-macam, mulai dari sushi, teriyaki hingga berbagai olahan makanan. 

"Kalau orang tua kebanyakan masakan ikan asam pedas," ujarnya.

Astri berharap, Melawi bisa juara kembali dalam lomba masak ikan tingkat provinsi. Ia juga berharap semoga masyarakat bisa semakin sehat dengan mengonsumsi ikan. 

"Kita juga mengharapkan adanya kampanye makan ikan di sekolah-sekolah. Karena hari ini makanannya kita buat olahan ikan yang unik dan tidak terasa amis. Sehingga menarik bagi anak-anak dan mau mengkonsumsi ikan," ujarnya.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan ( Distankan) Melawi, Oslan Junaidi mengatakan, gerakan makan ikan setiap tahun dilaksanakan. Ia juga mendorong agar ke depannya bisa diperluas gerakan makan ikan, tak hanya pada lomba semata.  

"2020 kita coba lebarkan ke kecamatan. Mengingat pentingnya gemar makan ikan untuk kesehatan dan protein bagi tubuh mulai dari bayi hingga dewasa. Dengan makan ikan, kita akan cerdas," katanya.

Distankan, kata Oslan , juga telah memiliki rencana bagi jajaran PKK kecamatan. Bila tersedia lahan, Distankan akan membuat  kolam percontohan yang nantinya dikelola PKK kecamatan. Sehingga ibu-ibu ini bisa mengurus kolam setelah aktivitas rutin sehari-hari.

"Kita bantu bibit dan pakan. Dua tiga bulan akan kita cek hasilnya.Tahun ini kita banyak tebarkan ratusan ribu benih ikan. Kami berharap tidak ada lagi Poktan abal-abal. Sehingga, benih ikan yang disebar manfaatnya jelas," katanya. (eko/lha)

Miliki Nilai Kegunaan

Sementara Bupati Melawi, Panji, menilai Lomba Masak Serba Ikan menjadi sebuah kegiatan yang memiliki nilai kegunaan. Apalagi, jika nantinya masyarakat mampu menjadikan ikan sebagai basis ekonomi usaha keluarga dan kegemaran akan bisa menciptakan kemandirian dalam berbagai aspek. 

"Kemudian dari sisi kesehatan, harus juga disosialisasikan ikan yang layak dikonsumsi. Jangan sampai mengandung formalin apalagi racun potas," katanya.

Panji mengingatkan, jangan sampai kegiatan ini hanya seremonial semata, tapi juga ada yang bisa didapatkan dari ini. 

"Bagaimana membudayakan ikan air tawar menjadi sisi bisnis bagi masyarakat kita," katanya.

Di akhir kegiatan, panitia mengumumkan juara lomba masak serba ikan di mana 
juara 1 diraih PKK Kecamatan Belimbing Hulu, juara 2 diraih PKK Kecamatan Nanga Pinoh, juara 3 diraih PKK kecamatan Tanah Pinoh. 

Juara harapan 1 diraih PKK Tanah Pinoh Barat, juara harapan 2  diraih PKK Kecamatan Sayan, dan harapan 3 diraih PKK Menukung. Juara Favorit diberikan PKK kecamatan Pinoh Utara. 

Sedangkan untuk tingkat SMA/SMK, juara 1 diraih SMK Negeri 1 Nanga Pinoh, juara 2 SMK Belian Permai, juara 3 dan harapan 1 diraih SMK Nusantara, juara harapan 2. SMK Sabjanoba dan harapan 3 didapat SMK Negeri 1 Nanga Pinoh. (eko/lha)