Sabtu, 21 September 2019


BPBD Melawi Bagikan Ribuan Masker kepada Masyarakat

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 46
BPBD Melawi Bagikan Ribuan Masker kepada Masyarakat

BAGIKAN MASKER - BPBD Melawi membagikan masker kepada sejumlah pengendara motor yang melintas. Ist

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Melawi membagikan ribuan masker kepada masyarakat di Kabupaten Melawi, khususnya di Kota Nanga Pinoh.

Pembagian ribuan masker tersebut dilakukan BPBD di Persimpangan lampu merah Tugu Juang Nanga Pinoh, Senin (9/9). Para pengendara roda dua yang melintas diberikan masker secara gratis.

Diketahui, kabut asap di Kabupaten Melawi memang lebih pekat dari hari-hari sebelumnya. Tingginya hotspot baik di Melawi maupun kiriman kabupaten lain, membuat kabut semakin kuat.

Kepala BPBD Melawi, Syafarudin mengatakan, pihaknya membagikan ribuan masker ke masyarakat, mengingat kondisi kabut asap yang semakin pekat saat ini.

“Kabut asap ini tentu akan mengganggu kesehatan kita. Kita berharap kabut asap ini menghilang, sebab hingga hari ini, 45 titik hotspot di Melawi berbagai kecamatan terdeteksi satelit,” jelasnya.

Direktur RSUD Melawi, Sien Setiawan pun mengimbau agar masyarakat waspada dengan kabut asap. Karena dampak kabut bisa menyebabkan ISPA, radang tenggorokan sampai asma. Kabut asap di tahap permulaan sering terjadi di malam hari menjelang subuh.

"Untuk pencegahan, usahakan tidak keluar di malam hari. Kalau harus keluar atau beraktivitas di luar, gunakan masker. Banyak minum air serta makan buah-buahan dan sayuran berwarna hijau yang bisa menjadi sumber antioksidan untuk memperkuat stamina fisik," pesannya. (eko/lha)