Minggu, 20 Oktober 2019


13 Rumah di Batu Badak Hangus Terbakar

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 89
13 Rumah di Batu Badak Hangus Terbakar

TERBAKAR - Kondisi rumah di Dusun Laman Oras, Desa Batu Badak yang hangus terbakar. 13 rumah terbakar dalam musibah kebakaran yang terjadi pada Sabtu (14/9) siang. Ist

NANGA PINOH, SP – Polisi hingga saat ini masih menyelidiki penyebab kebakaran 13 rumah yang hangus dilalap si jago merah pada Sabtu (14/9) siang. di Dusun Laman Oras, Desa Batu Badak, Kecamatan Menukung. 

Kebakaran ini membuat rumah yang berbahan kayu hanya menyisakan puing-puing abu.
 
Kapolsek Menukung, Ipda Bhakti Juni Ardi menuturkan, saat kebakaran berlangsung, sebagian pemilik rumah tidak berada di rumah karena sedang bekerja di ladang atau di tempat lain.

“Dari keterangan saksi mata, Miki (25), yang melihat kejadian kebakaran tersebut, api diduga bermula dari dapur salah satu rumah warga yang kemudian merembet ke rumah-rumah di sampingnya. Posisi rumah yang berdekatan dan hampir keseluruhannya berbahan kayu,membuat api cepat membesar dan sulit dipadamkan,” jelasnya.

Ipda Bhakti melanjutkan, pemadaman dilakukan bersama warga setempat serta anggota Polsek Menukung. 

Api sendiri baru dapat dipadamkan sekitar pukul 14.45 WIB. Warga bahu-membahu menggunakan sumber air seadanya untuk memadamkan kobaran api. 

Dalam sebuah video yang beredar melalui media sosial, Sabtu lalu, terlihat warga hanya menggunakan ember air atau menyemprot dengan menggunakan selang yang terbilang kecil

“Memang tak ada korban jiwa dari kebakaran tersebut. Total kerugian juga belum dapat diperkirakan karena masih dalam pendataan anggota Polsek serta pihak aparatur desa Batu Badak,” jelasnya.

Bhakti juga mengungkapkan, sebagian keluarga yang rumahnya terbakar, saat ini mengungsi ke sejumlah rumah kerabat keluarga lainnya yang tidak menjadi korban kebakaran. Pihak desa juga mempersiapkan kantor desa Batu Badak sebagai tempat pengungsian.

“Polisi juga masih melakukan penyelidikan penyebab kebakaran ini dengan meminta keterangan sejumlah saksi,” ujarnya. (eko/lha)

Tunggu Laporan Kepala Desa

Kepala BPBD Melawi, Syafaruddin, Minggu (15/9) menunggu laporan langsung dari kepala desa setempat terkait peristiwa kebakaran. Sejauh ini laporan yang masuk baru dari pihak kepolisian.

“Rencana pada Senin nanti, kita akan meninjau langsung ke lokasi mendampingi Pak Bupati,” ujarnya.

Dikatakan Syafar, untuk bantuan seperti kebutuhan sehari-hari, memang beberapa di antaranya harus dibeli terlebih dahulu karena stok yang tersedia di gudang BPBD minim. Namun,untuk bantuan lain, seperti perangkat memasak dan baju untuk pelajar siap untuk disalurkan.

“Semoga kita bisa memberikan bantuan untuk tahap awal sebagai tanggap bencana kebakaran,” katanya. (eko/lha)