Sabtu, 19 Oktober 2019


Panji Berikan Pembekalan Mahasiswa PPL-KKM

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 71
Panji Berikan Pembekalan Mahasiswa PPL-KKM

BERIKAN PESAN - Bupati Panji memberikan pesan pada 96 mahasiswa STKIP Melawi yang akan mengikuti program PPL-KKM.

NANGA PINOH, SP – Puluhan mahasiswa STKIP Melawi mengikuti pembekalan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) dan Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) di kampus STKIP Melawi, Kamis (19/9). 

Bupati Melawi, Panji pun berharap para mahasiswa ini mampu menyerap berbagai problematika di tengah masyarakat dalam proses kegiatan tersebut.

“PPL dan KKM merupakan uji diri dari apa yang sudah kita dapatkan di kampus dengan apa yang akan kita temukan di lapangan. Secara teoritis, mungkin ilmu itu gambang kita kuasai, tapi di lapangan, belum tentu mudah menerapkannya,” kata Panji di depan mahasiswa dan dosen STKIP Melawi.

Panji mengungkapkan, dari PPL-KKM yang dijalani mahasiswa tersebut, menjadi sebuah penyempurnaan dan pematangan diri atas kehidupan yang dijalani mahasiswa itu di kampus. Pendalaman sebuah proses kehidupan sebagai bagian kaum intelektual.

“Ini proses bahwa dari ilmu yang kita dapatkan kemudian diuji di lapangan. Mampu tidak kita mendeskripsikan masalah dengan baik,” ujarnya.

Panji berpesan, agar mahasiswa yang mengikuti program ini dapat memanfaatkan dengan baik masa PPL dan KKM. Sehingga nantinya mahasiswa bisa ikut mengenali siapa dirinya, siapa lingkungannya, hingga apa yang harus diperjuangkan.

“Karena ilmu adalah derap langkah yang kita lakukan,” ucapnya.

Ketua STKIP Melawi, Septian Peterianus, berharap Pemda bisa menjadi mitra kampus untuk membantu pembiayaan dalam bentu penyediaan sarana, prasarana hingga membantu penelitian. 

“Karena kampus tak bisa menjadi apa-apa kalau tidak berinovasi. Nah, salah satu bentuk inovasi itu dengan membangun mitra, termasuk Pemda dan berbagai pihak lainnya,” katanya.

Septian pun menjelaskan, PPL bertujuan memberikan pengalaman pada mahasiswa serta wahana mempersiapkan tenaga pendidik yang professional, agar mahasiswa memiliki kemampuan dan keterampilan serta kompetensi profesional.

“Sedangkan KKM bertujuan mengenalkan problematika kehidupan bermasyarakat serta menjadi pengabdian mahasiswa pada masyarakat. Diharapkan kegiatan ini memberikan manfaat pada berbagai pihak, baik kampus, mahasiswa, pemerintah serta masyarakat,” tuturnya.

Program Gerakan Masyarakat Sehat

Ketua Panitia PPL-KKM STKIP Melawi, Mardiana mengungkapkan, pelaksanaan PPL akan digelar mulai dari 23 September hingga 22 November. Sedangkan untuk KKM dilanjutkan pada 25 November sampai 19 Desember.

“Khusus KKM akan digelar di sekitar kampus hingga Desa Kelakik. Di mana salah satu programnya adalah Gerakan Masyarakat Sehat,” ujarnya.

Mardiana melanjutkan, ada 96 mahasiswanya yang akan mengikuti PPL-KKM tahun ini, yakni 64 orang dari Prodi PGSD, 12 orang dari prodi Penjaskesrek, delapan dari prodi pendidikan Matematika, delapan dari Prodi PG PAUD, serta empat dari prodi Fisika.

“Untuk PPL kita bermitra dengan dua TK, tiga PAUD, tujuh SD, tiga SMP serta empat SMA Negeri,” paparnya. (eko/lha)