Senin, 09 Desember 2019


Pembukaan MTQ Kecamatan Nanga Pinoh

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 78
Pembukaan MTQ Kecamatan Nanga Pinoh

TABUH REBANA - Pembukaan MTQ Nanga Pinoh yang ditandai dengan pelepasan balon dan pemukulan rebana, Rabu (13/11).

NANGA PINOH, SP - Pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qu'ran (MTQ) ke VII Tingkat Kecamatan Nanga Pinoh, resmi dimulai Rabu (13/11). 14 kafilah dari 14 desa ikut berpartisipasi dalam MTQ yang dipusatkan di Desa Paal ini.

Ketua panitia kegiatan, Zawardi, mengatakan bahwa MTQ ke VII Tingkat kecamatan Nanga Pinoh di Desa Paal, mengangkat tema Melalui MTQ Kita Jadikan sebagai Aktualisasi Makna dan Syiar Alquran sebagai Sumber Inspirasi Pembanguna Bangsa yang Berkarakter, Religius, Rukun dan Bersatu. 

Tujuan kegiatan ini, untuk meningkatkan kualitas baca Alquran, membangun partisipasi aktif umat Islam, serta membentuk karakter generasi yang islami yang berakhlakul karimah.

"Dari 17 desa yang ada di Kecamatan Nanga Pinoh, data yang masuk ke panitia baru 14 desa atau kafilah yang terdaftar mengikuti kegiatan atau sebanyak 268 peserta. Sedangkan tiga desa, yakni Desa Poring, Desa Kebebu, dan Desa Tembawang Panjang tidak mengirimkan utusan kafilahnya," katanya. 

Pj Kades Paal, Nanni Prameswari, memohon maaf kepada seluruh kafilah jika dalam penyambutan pembukaan MTQ ke VII ini masih ditemukan kekurangan.

"Selamat datang di Desa Paal dan selamat bertanding," ucapnya.

Sementara itu, Camat Nanga Pinoh, Sonten, berharap selain menjadi media dakwah, kegiatan MTQ ini dapat juga meningkatkan rasa toleransi antarumat beragama di Kecamatan Nanga Pinoh, khususnya di Kabupaten Melawi.

"Saya juga mengapresiasi dan berterima kasih kepada seluruh panitia yang sudah bekerja keras, agar kegiatan ini dapat terlaksana," tuturnya.

Sonten juga berpesan kepada seluruh kafilah yang hadir, untuk memberikan penampilan terbaik. Sehingga nantinya, mampu melahirkan para juara yang terbaik untuk mewakili Kecamatan Nanga Pinoh di ajang MTQ Tingkat Kabupaten Melawi pada tahun depan, yang bakal diselenggarakan di Kecamatan Belimbing. (eko/lha)

Momentum Perkuat Ukhuwah Islamiah

MTQ Nanga Pinoh ini dibuka langsung Wakil Bupati, Dadi Sunarya. Ia berharap kegiatan ini semakin memperkuat ukhuwah islamiah serta momentum kebangkitan untuk menjadikan umat Islam di kecamatan ini, sebagai masyarakat yang Qurani.

Dadi yang juga menjabat sebagai Ketua LPTQ Kabupaten Melawi ini pun berharap kepada seluruh masyarakat di kecamatan Nanga Pinoh, melalui MTQ VII ini benar-benar menjadi filter berbagai dampak negatif kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi  yang tak selaras dengan kandungan Alquran.

"Jadikan pula MTQ VII ini pondasi untuk menjadikan masyarakat, terutama generasi muda yang peduli, kreatif, dan senantiasa melakukan perubahan ke arah kebaikan," pesannya.

Dikatakannya, bahwa Alquran adalah lampu penerang hati dalam menembus lika-liku hidup dan kehidupan. 

"Serta sebagai benteng yang kokoh dan ampuh untuk menahan pesona godaan yang menyesatkan," ungkapnya. (eko/lha)