Sabtu, 18 Januari 2020


Peduli Korban Banjir

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 106
Peduli Korban Banjir

MENYERAHKAN - Penyaluran bantuan pada korban bencana banjir dari Polres Melawi. Diketahui, banjir melanda beberapa desa di Kecamatan Nanga Pinoh dan Belimbing hingga menyebabkan rumah warga banyak yang terendam dan peralatan elektronik banyak yang rusak,

NANGA PINOH, SP - Hujan deras yang terjadi beberapa hari ini mengakibatkan beberapa desa di Kabupaten Melawi imengalami bencana, mulai dari banjir, tanah longsor hingga banjir bandang. 

Banjir ini melanda di beberapa desa di Kecamatan Nanga Pinoh dan Belimbing hingga menyebabkan rumah warga banyak yang terendam dan peralatan elektronik banyak yang rusak, ternak dan peliharaan banyak yang mati dan lepas. 

Warga yang memiliki kebun, sawah, dan ladang akan mengalami gagal panen, sehingga menyebabkan kerugian materiel yang tidak sedikit.

Untuk membantu dan meringankan beban masyarakat yang menjadi korban banjir bandang, personel Polres Melawi melakukan penggalangan dana. Hasil penggalangan dana tersebut akan dibelikan sembako dan diserahkan kepada korban banjir bandang.

Bantuan ini diserahkan langsung oleh Kapolres Melawi Kapolres Melawi AKBP Tris Supriadi, didampingi oleh Kasat Lantas AKP Aang Permana, Kasat Sabhara AKP Nono Partoyuono dan Kapolsek  Nanga Pinoh Iptu Markus kepada korban banjir bandang di Desa Tanjung Sari dan Desa Tembawang Panjang, kemarin.

“Bantuan tersebut berasal dari para personel  Polres Melawi dan Polsek yang peduli kepada warga, yang mengalami musibah banjir bandang," kata Tris Supriadi.

Tris berharap, apa yang diberikan dapat bermanfaat dan sedikit meringankan beban para korban banjir bandang .

“Harapan kami, bantuan ini bisa berguna dan bisa meringankan beban bari korban banjir bandang,” ucapnya. 

Sementara itu, untuk bantuan di Desa Nusa Kenyikap diserahkan Kapolsek Belimbing, Iptu Hariyanto dan untuk Desa Poring diserahkan oleh Kapolsek Nanga Pinoh, Iptu Markus. (eko/lha)

Berdampak ke Sejumlah Desa

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Melawi, Syafaruddin, beberapa waktu lalu mengungkapkan, banjir bandang terparah terjadi di Desa Nusa Kenyikap Kecamatan Belimbing. 

Banjir ini juga memunculkan dampak ke sejumlah desa lainya yang dilintasi Sungai Kenyikap, seperti Tanjung Sari di Nanga Pinoh serta Desa Menunuk Kecamatan Belimbing.

“Daerah lain juga ada terjadi banjir, tapi belum dilaporkan terlalu parah. Untuk Nusa Kenyikap, air langsung surut pada hari itu juga. Tapi dampak yang ditimbulkan luar biasa, karena banyak harta benda warga yang tak sempat terselamatkan,” katanya.

Syafar memaparkan, pihaknya sudah menyalurkan bantuan makanan ke Nusa Kenyikap. BPBD juga mendata rumah yang rusak karena banjir bandang. 

Selain Nusa Kenyikap, BPBD juga menyalurkan bantuan ke Desa Menunuk. Karena di desa tersebut dilaporkan ada puluhan rumah yang terkena banjir.

“Untuk KKLK (Tanjung Sari), banjir tak terlalu tinggi. Hanya tentunya ada kerugian material masyarakat,” ucapnya. (eko/lha)