Selasa, 24 September 2019


Tiga Tahun TNKB di Kabupaten Mempawah Belum Keluar

Editor:

sutan

    |     Pembaca: 1115
Tiga Tahun TNKB di Kabupaten Mempawah Belum Keluar

Sejumlah sepeda motor tak memiliki TNKB parkir di kawasan Terminal Mempawah, Rabu (13/4). (Suara pemred/ruben permana)

MEMPAWAH, SP – Satu di antara warga Kecamatan Mempawah Hilir, Dedi Jamiat (37) mengeluhkan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) atau plat nomor kendaraan tak kunjung keluar.

Padahal, motor yang dibelinya sudah berumur tiga tahun.
“Saya capek (capai) bolak-balik ke Dealer Fortuna (tempat penjualan motor) dan Samsat Mempawah untuk menanyakan TNKB motor saya. Tapi jawaban yang saya terima selalu belum keluar. Bayangkan saja, sudah tiga tahun motor tak ada pelat nomornya,” kata Dedi kepada Suara Pemred, Rabu (13/4).

Dedi mengaku selalu dirundung cemas jika mengendarai sepeda motornya yang tak berpelat nomor itu. Pasalnya, ia tak mau ditilang polisi karena tak berpelat nomor.

 “Jujur saja, ketika ada razia saya selalu menghindar dan sejauh ini berhasil. Tapi ini kan membuat saya tak tenang. Di jalan raya selalu gusar. Mana ada yang mau berurusan dengan polisi, buang-buang waktu dan uang akan keluar jika disidang. Kan repot lagi,” keluh Dedi.

Kecemasan Dedi bukan tanpa alasan, pekerjaan yang digelutinya menuntutnya untuk menempuh jarak yang panjang, bahkan sampai ke luar daerah. Tentu saja sangat berisiko menjumpai polisi sedang menggelar razia di jalan raya.

“Saya tak tahu lagi harus berbuat apa. Bolak-balik ke Samsat Mempawah sudah sangat sering. Jawabannya tetap sama, masih belum jadi,” kata Dedi.


Sementara Kasat Lantas Polres Mempawah, AKP Tri Budiyanto mengatakan, TNKB tahun 2015 ke bawah sudah bisa diambil di kantor Samsat Mempawah. "Jadi, TNKB 2015 ke bawah sudah bisa langsung mengambilnya di Samsat Mempawah. Saat saya cek kemarin, semuanya sudah ada," ungkapnya.

Disinggung soal kendaraan yang berkendara di jalan raya yang tak dilengkapi dengan pelat nomor, ia mengatakan bahwa pemilik motor memperoleh dispensasi. Artinya, polisi tak mengambil tindakan.

"Jadi itu (dispensasi) sebagai solusi jika TNKB kendaraan belum dimiliki. Kami belum ambil tindakan ," katanya.

Namun, lanjutnya, mengenai TNKB tahun 2016, belum keluar karena masih menunggu tender dari Korlantas Mabes Polri. "Jika tendernya sudah selesai, maka TNKB tahun 2016 sudah bisa didistribusikan," katanya.

Sementara untuk TNKB kendaraan roda empat, wajib digunakan karena tak mengalami kendala keterlambatan pengurusan TNKB. (ben/bah)