Senin, 23 September 2019


Lima Kecamatan di Kabupaten Mempawah Diterjang Banjir

Editor:

sutan

    |     Pembaca: 1008
Lima Kecamatan di Kabupaten Mempawah Diterjang Banjir

Petugas Badan Ketahanan Pangan Kabupaten Mempawah bersiap menyalurkan bantuan ke sejumlah desa yang terkena banjir, Rabu (18/5). (Suara pemred/ruben permana)

MEMPAWAH, SP – Sebanyak 5.632 Kepala Keluarga (KK) dari 21.454 jiwa dari lima kecamatan di Kabupaten Mempawah terkena dampak banjir. Jumlah itu pun diprediksi akan terus meningkat, Rabu (18/5).

Lima kecamatan yang terkena dampak banjir di Mempawah terdiri atas Mempawah Hilir, Mempawah Timur, Toho, Segedong dan Sadaniang.

Kepala BLHBPD Kabupaten Mempawah, Syahrizal mengatakan, ada tiga kecamatan yang kondisi banjir terbilang parah yaitu Toho, Mempawah Timur, dan Mempawah Hilir.

"Sampai saat ini korban yang terkena bencana banjir sudah 5.632 kepala keluarga,” kata  Syahrizal.

Syahrizal mengungkapkan  dari sekian banyak dusun yang terkena banjir, ada dua dusun yang mengalami kendala distribusi bantuan. "Yakni Parit Amangku dan Sebukit Rama. Jarak dua dusun itu agak jauh sehingga harus menggunakan speedboat dan melewati Sungai Mempawah. Sementara arus sungai saat ini sangat deras," ujar Syahrizal.

Syahrizal mengatakan, sebenarnya air ini sudah mulai turun. Namun karena di kawasan hulu mulai mengalami hujan selama empat jam, makanya air di beberapa kawasan di Mempawah masih tinggi. "Karena daerah Mempawah kawasan limpahan air (dari hulu)," kata Syahrizal.

Syahrizal mengungkapkan, bantuan tanggap darurat sudah dikeluarkan Rp 378.720 juta untuk disebar ke beberapa kecamatan di Mempawah. "Dan daerah yang terkena dampak banjir ini semakin bertambah," ucap Syahrizal.

Dikatakan, dinas sosial setempat juga akan mengeluarkan 34 ton beras untuk membantu korban banjir. Selain itu, Badan Ketahanan Pangan Mempawah juga telah mengeluarkan 2 ton beras.
"Jadi, catatan kami jumlah bantuan cukup untuk membantu korban banjir. Namun jika banjir masih lama, mungkin masih kurang," jelas Syahrizal. (ben/bah/sut)