Senin, 23 September 2019


Bunga Bangkai di Antibar, Mempawah Jadi Objek Selfie

Editor:

sutan

    |     Pembaca: 2469
Bunga Bangkai di Antibar, Mempawah Jadi Objek Selfie

Zaleha memperlihatkan bunga bangkai di pekarangan rumahnya, Jalan Johansyah Bakri, Desa Antibar, Mempawah Timur. (SP/RUBEN)

MEMPAWAH, SP- Kehadiran bunga bangkai setinggi lutut orang dewasa, tumbuh di kawasan Jalan Johansyah Bakri, Dusun Satria, Desa Antibar, Kecamatan Mempawah Timur, menyedot perhatian warga sekitar. Bunga langka ini pun dijadikan objek warga untuk selfie bersama. Penemuan bunga bangkai atau dikenal Amorphophallus pertama kali dilihat oleh Zaleha (60), warga sekitar.

Saat itu dirinya sedang membersihkan pekarangan rumah. "Waktu saya lihat  ada bunga aneh. Saat saya tanya warga sekitar, katanya bunga bangkai,"katanya.

Bunga bangkai ini diketahui sekitar dua minggu lalu. Namun bunga tersebut baru menampakkan wujud aslinya sepekan kemudian. Tapi sebelum itu, ia bersama suami awalnya hanya mencium aroma busuk mirip, seperti bau bangkai.

Dari situ, pasangan suami istri ini pun mencari sumber, di mana aroma busuk itu berasal. "Ternyata dari aroma bunga bangkai," ujarnya.

Sejak itu, tumbuhnya bunga bangkai ini membuat banyak warga penasaran melihat dari dekat. "Banyak, masyarakat yang datang melihat bunga bangkai yang tumbuh di pekarangan rumah saya. Mereka banyak yang foto - foto," kata Zaleha.

Kebanyakan mereka yang penasaran, selain warga lokal, juga banyak anak sekolah. "Setiap hari ada aja orang yang foto dekat bunga bangkai,"katanya.

Bagi Anda yang ingin melihat langsung bunga bangkai, masih bisa ditemui. Adapun lokasi tumbuhnnya Bunga Bangkai, di kawasan Jalan Johansyah Bakri, Dusun Satria, Desa Antibar, Kecamatan Mempawah Timur. Dari Kota Mempawah, akses perjalanan bisa ditempuh menggunakan  motor sekitar 20 menit.

Erlina Sayuti, satu di antara pengunjung mengaku senang bisa melihat tumuhan langka ini. "Saya baru pertama kali lihat bunga ini. Bunga ini aneh dan langka," ungkap guru di Mempawah ini.

Ia pun berencana akan membawa siswa sekolah, untuk mengenalkan bunga ini. "Ini baik untuk pengetahuan siswa kami," tuturnya.

Menurut Wikipedia, bunga yang tumbuh di Mempawah Hilir ini merupakan tumbuhan disebut Amorphophallus Titanum, merupakan tumbuhan dari suku talas-talasan (Araceae) endemik dari Sumatera, Indonesia, yang dikenal sebagai tumbuhan dengan bunga (majemuk) terbesar di dunia yang dapat menghasilkan bunga setinggi 5 meter.

Nama Bangkai yang lekat pada salah satu jenis Bunga Raflesia tersebut berasal dari bunganya yang mengeluarkan bau seperti bangkai yang membusuk, yang dimaksudkan sebenarnya untuk mengundang kumbang dan lalat penyerbuk bagi bunganya. (ruben/loh
/sut)