Begini Nasib Oknum Pejabat Desa di Mempawah yang Selingkuh

Mempawah

Editor sutan Dibaca : 1779

Begini Nasib Oknum Pejabat Desa di Mempawah yang Selingkuh
Ilustrasi
MEMPAWAH, SP -  Penjabat Kades Malikian berinisial IN (42) beserta Sekdes IR (25) terancam dicopot dari jabatannya,  mereka diduga menjalin hubungan asmara terlarang. Hubungan ini diketahui bermula saat pelatihan kades dan sekdes di Kota Pontianak beberapa waktu lalu.

 “Jabatannya akan diganti dengan orang yang baru. Tapi masih menunggu keputusan dari Bupati Mempawah,” kata Ikke Wicaksono, Kepala Badan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kabupaten Mempawah. 

Sebenarnya lanjut dia, usulan penggantian penjabat Kades yang bermasalah dapat melalui Badan Permusyawaratan Desa (BPD). Namun karena BPD Malikian tidak mampu menunjuk penjabat Kades yang baru, sehingga langsung diserahkan kepada Bupati.  “Dan tetap dari unsur pegawai negeri sipil,” terangnya.  

Selain bakal dicopot, IN yang merupakan seorang PNS di Pemkab Mempawah juga akan mendapat sanksi. Namun Ikke belum mengetahui sanksi yang bakal diberikan karena itu merupakan kewenangan Badan Kepegawaian Daerah(BKD).  
 
“Sanksinya bisa penundaan pangkat, penurunan pangkat ataupun lainnya. Tapi itu kewenangan dari BKD,” ucap dia. 

Hubungan terlarang yang dilakukan oleh dua oknum pejabat desa yang masing-masing telah memiliki suami dan istri tersebut diakui sebagai musibah pemerintah daerah. "Jadi, musibah itu bisa terkena kepada siapa saja, namun yang salah tetap dihukum," tegasnya.  (ben/ang)