Sabtu, 07 Desember 2019


Lagi, Penyelundup Narkoba ke Rutan Mempawah Ditangkap

Editor:

sutan

    |     Pembaca: 1013
Lagi, Penyelundup Narkoba ke Rutan Mempawah Ditangkap

BARANG BUKTI - Petugas menunjukkan barang bukti sabu 10 gram beserta tersangka Riko, di Mapolres Mempawah, Kamis (17/11). (SP/Ruben Permana)

MEMPAWAH, SP -  Riko (21), warga Sungai Purun Kecil, Kecamatan Sungai Pinyuh  ditangkap petugas Polres Mempawah, sebab kedapatan membawa narkoba jenis sabu, ke dalam Rutan Kelas II A Mempawah, Kamis (17/11) sore. 

Kapolres Mempawah, AKBP Dedi Agustono mengatakan, tersangka ditangkap membawa sabu dengan kedok membawa bekal nasi yang ditempatkan dalam paket rantang, untuk diserahkan kepada Nurmin, satu di antara penguni Rutan Mempawah. "Petugas kita yang ada di sana curiga dan langsung menurunkan tim ke Rutan, "kata Dedi. 

Pada saat dicek, nasi yang dibawa Riko ditemukan satu bungkas plastik berisi kristal putih diduga jenis sabu 10,11 gram. "Jadi, yang mengirim dan yang menerima akan dikenakan sanksi dan itu masih dalam pengembangan," ujar Dedi. 

Karutan Kelas II A Mempawah, Indra Pitoy mengatakan, berdasarkan standar operasional kerja, warga Rutan tidak boleh menerima titipan makanan dari pengunjung. "Tapi karena petugas kita kasihan, membuat petugasnya mempersilahkan masuk," ujar Indra.

Sepanjang 2016, pihak Rutan rutin berkordinasi dengan Polres Mempawah. Hasilnya, sudah dua kasus penyeludupan Narkoba diungkap di dalam Rutan.  "Dulu, sabu masuk dalam kantong gula kita gagalkan. Sekarang sabu masuk dalam nasi,” kata Indra. 

Kepala Pengaman Rutan Mempawah, Erwandi mengaku selama ini pengamanan dan pengawasan di Rutan sudah sesuai prosedur.  "Kita sudah terapkan waktu batas besuk sekitar 30 menit. Adapun jumlah pembesuk tidak dibatasi," katanya. Selama pengunjung masuk Rutan, petugas rutin memeriksa barang bawaan dari pengunjung, sebelum bertemu langsung dengan warga binaan Rutan. (ben/loh)