Rabu, 18 September 2019


Seorang Kakek Ditemukan Tewas di Atas Sajadah, Pegang Tasbih dan Buku Yasin

Editor:

sutan

    |     Pembaca: 1398
Seorang Kakek Ditemukan Tewas di Atas Sajadah, Pegang Tasbih dan Buku Yasin

MEMPAWAH, SP – Jamil Abdul bin Madjid (70) warga Jalan Kedaung, Dusun Kedaung, Desa Bakau Kecil, Kecamatan Mempawah ditemukan tewas dengan posisi terbaring di atas sajadah,  dengan tangan memegang tasbih dan buku Yasin.   Saat ditemukan pada Kamis, (23/2) malam, jenazah korban yang akrab disapa dengan sebutan Tok Jamil telah membusuk dan mengeluarkan serangga.  

Warga yang melakukan evakuasi terpaksa melakukan pengasapan dengan membakar tempurung kelapa untuk menghilangkan bau tak sedap yang keluar dari tubuh korban, yang saat ditemukan menggunakan kain sarung dan baju berwarna putih dengan tulisan arab.  

Ardiansah (45),  yang pertama kali menemukan jenazah Jamil menceritakan, awalnya ia hendak mengundang korban datang ke acara pernikahan anaknya. Namun sesampainya di kediaman korban, ia malah mencium aroma tak sedap dari dalam rumah.  

"Saya mencium aroma bau busuk. Waktu itu kondisi rumah juga gelap gulita. Kemudian saya pulang mengambil senter,” kata Ardiansyah tak lama setelah korban dievakuasi.
  Berbekal senter yang ia bawa, Ardiansah kemudian kembali mendatangi rumah korban. Ia pun kemudian mengintip dari jendela untuk melihat kondisi dalam rumah.  

"Waktu saya senteri, saya lihat ada orang terkapar.  Kemudian saya langsung lari dan memberitahukan ke warga dan anak korban,” ujar Ardiansah yang juga kerabat dari korban.
 

Sementara itu, menantu korban, Marifah (42) mengungkapkan, terakhir kali melihat korban pada Senin (20/2) saat berkunjung ke rumahnya.   "Mertua saya itu biasanya pergi ke tempat anak-anaknya dari pagi lalu pulangnya sore. Kebiasaan ini selalu dilakukan bergantian ke rumah anak-anaknya,” imbuh Marifah.  

Marifah menuturkan sebelum meninggal, korban juga seakan telah memberikan isyarat yang disampaikan ke cucu-cucunya. Namun isyarat tersebut tidak ditanggapi serius oleh dirinya.  “Almarhum sering bilang jika dalam dua hari tak datang ke rumah menantunya, lihat jak di rumah kakek, maka kakek sudah meninggal. Awalnya saya anggap itu gurauan,” tutur Marifah.  

Kapolsek Mempawah Timur, Ipda Djamaludin mengatakan, setelah mendapatkan informasi dari warga tentang adanya korban meninggal, pihaknya kemudian langsung mendatangi lokasi dan mengumpulkan keluarga dan menginterogasi saksi-saksi.   "Menurut informasi yang didapatkan,  korban diketahui selama ini tinggal sendirian di rumahnya,” jelasnya.  

Mengenai otopsi, Kapolsek mengatakan pihak keluarga menolak.  “Kemungkinan korban ini meninggal sudah tiga hari dan pihak keluarga ingin secepatnya korban dikuburkan,” pungkasnya. (ben/jee)