Warga Gotong Royong Bikin Jamban

Mempawah

Editor Kiwi Dibaca : 807

Warga Gotong Royong Bikin Jamban
GOTONG ROYONG - Masyarakat Desa Bilayuk sedang bergotong royong membuat penampungan jamban, Sabtu (26/8). Gotong royong yang dilakukan itu dalam rangka mendukung program STBM.
MEMPAWAH, SP - Masyarakat di Desa Bilayuk, Kecamatan Mempawah Hulu bergotong royong membuat penampungan jamban. Mereka menggali penampungan jamban dari rumah ke rumah warga setempat.  Kepala Desa (Kades) Bilayuk, Anes mengatakan, gotong royong yang dilakukan itu bertujuan untuk membiasakan masyarakat hidup bersih, terutama ketika Buang Air Besar (BAB).  

"Masalah jamban memang merupakan urusan masing-masing masyarakat. Tapi, demi kebersihan lingkungan untuk peningkatan sanitasi warga, kami mendukung kegiatan pembuatan jamban warga tersebut,” kata Anes, Sabtu (26/8).   Dikatakan bahwa kegiatan itu bertujuan untuk mewujudkan program sanitasi berbasis masyarakat (STBM) di desa.  

Dalam kegiatan itu, masyarakat bergotong royong menggali lubang. Sedangkan untuk materialnya disediakan oleh masing-masing masyarakat.  

"Saya berharap semangat gotong royong masyarakat harus dipertahankan, " harap Anes.    Timanggong Binua Bilayuk, Untok menyambut baik dengan adanya gotong royong tersebut.    

"Saya sangat senang dan mendukung kegiatan ini karena mendidik budaya bersih di tengah-tengah masyarakat. Ingat, bukan zamannya lagi kita BAB sembarangan. Malu dilihat orang. Makanya saya juga ambil bagian memberikan contoh kepada warga dalam kegiatan gotong royong ini, " kata Untok. (dvi/bah)