Pasar Mempawah Dijamin Bebas Pengawet

Mempawah

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 657

Pasar Mempawah Dijamin Bebas Pengawet
Ilustrasi
MEMPAWAH, SP – Mengantisipasi penggunaan bahan yang tidak dibenarkan untuk pangan, tim gabungan menggelar razia dagangan di Pasar Tradisional Sebukit Rama Kabupaten Mempawah, belum lama ini. 

Hasilnya tidak ditemukan adanya formalin dan boraks atau rhodamin B yang merupakan bahan beracun dan berbahaya (B3) dan pengawet. 

Tim yang terdiri atas unsur Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Tenaga Kerja Kabupaten Mempawah, BPOM Kalimantan Barat, dan Dinas Kesehatan Kabupaten, mengambil sampel produk pangan yang dijual para pedagang, seperti mie, bakso pentol, calok, kue-kue tradisional, tahu, tempe, dan sejumlah produk minuman. 

“Sidak ini mengantisipasi produk pangan yang mengandung bahan pengawet dan pewarna yang dapat membahayakan masyarakat. Alhamdulillah kami tidak menemukan bahan-bahan berbahaya itu dalam produk pangan yang dijual,” ungkap pelaksana tugas Kepala Disperindagnaker Kabupaten Mempawah, Kurdiah.

Kurdiah bersyukur di Pasar Tradisional Sebukit Rama Mempawah tidak ditemukan produk pangan yang mengandung bahan berbahaya. Kondisi ini, berbeda saat dilakukan kegiatan serupa beberapa waktu sebelumnya. 

Ia berharap ke depan kondisi ini dapat dipertahankan. Untuk itu pihaknya berkomitmen untuk terus mengawasi produk-produk pangan yang dijual. 

“Kami mengimbau para pedagang untuk memperhatikan bahan-bahan yang dipergunakan pada produk pangan yang dijual. Jangan menggunakan bahan pengawet dan perwarna berbahaya bagi kesehatan,” ucapnya mengingatkan. (ben/ang)

Komentar