Seribuan Anak di Mempawah Ikut Simulasi Manasik Haji

Mempawah

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 590

Seribuan Anak di Mempawah Ikut Simulasi Manasik Haji
SIMULASI – Seribuan anak Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Raudhatul Athfal (RA), dan Taman Kanak-kanak (TK) se-Kabupaten Mempawah mengikuti simulasi manasik haji di Halaman Kantor Bupati Mempawah, kemarin. Net
MEMPAWAH, SP - Membekali anak dengan ilmu agama merupakan upaya untuk menyiapkan generasi muda yang beriman dan berakhlak mulia. Salah satu caranya melalui kegiatan belajar manasik haji. Dari aktivitas tersebut diharapkan akan tumbuh pemahaman dari anak terhadap nilai-nilai akidah, ibadah, dan akhlak. 

Hal itu disampaikan Asisten Ekonomi, Pembangunan dan Kesra Sekretariat Daerah Kabupaten Mempawah, Ismail, saat membuka kegiatan simulasi manasik haji yang digelar Pengurus Daerah Ikatan Guru Raudhatul Athfal (IGRA) Kabupaten Mempawah di Halaman Kantor Bupati Mempawah, kemarin.

Kegiatan manasik diikuti ribuan anak Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Raudhatul Athfal (RA), dan Taman Kanak-kanak (TK) se-Kabupaten Mempawah. 

Menurut Ismail, anak merupakan amanah dan aset yang dititipkan oleh Tuhan. Karena itu, anak harus diberikan bekal pendidikan yang seimbang antara pengetahuan umum dan ilmu agama. 

“Keseimbangan itu akan menjadikan mereka sosok pemimpin di masa depan yang berintegritas tinggi dengan memiliki kecerdasan intelektual, emosional, dan spiritual,” ujarnya menerangkan.

Terkait hal itu, Ismail berpesan kepada anak-anak peserta manasik, para orangtua, dan wali murid agar memaknai kegiatan manasik dengan sungguh-sungguh dan menyerap ilmu yang disampaikan para guru dan pembimbing. 

“Saya mendoakan agar nanti bisa mengikuti manasik haji yang sesungguhnya dan berkesempatan menunaikan ibadah haji di Tanah Suci. Aamiin ya Rabbal Alamin,” kata Ismail mendoakan.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Mempawah, Kamaluddin, berharap kegiatan manasik dapat mengenalkan anak-anak kepada nilai-nilai ibadah haji. Menurut dia, pengenalan sejak dini akan membekas di hati anak. 

“Mari kita ambil nilai-nilai ibadah haji pada kegiatan manasik haji ini. Jadikan itu sebagai motivasi untuk melaksanakan ibadah haji yang sessungguhnya,” ucap Kamaluddin.

Kegiatan manasik diikuti 1.040 anak yang berasal dari 15 Raudhatul Athfal, 15 TK, dan 19 Kelompok Bermain (KB) se-Kabupaten Mempawah. Selain untuk mempererat tali silaturahmi sesama muslim, kegiatan manasik juga mengajarkan kepada anak-anak usia dini tentang nilai-nilai ibadah haji sebagai Rukun Islam ke-5. (ben/ang)

Komentar