Pemda Mempawah Lelang 7 Jabatan

Mempawah

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 675

Pemda Mempawah Lelang 7 Jabatan
Ilustrasi. Net

Ditarget Rampung Akhir Tahun


Sekretaris Daerah Mempawah, Mohcrizal
Proses tahapan yang telah dilakukan semua berdasar aturan dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN)

MEMPAWAH, SP
– Sebanyak tujuh pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Mempawah akan dilelang tahun 2017 ini.

Ketujuh jabatan itu adalah Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi, BPBD Mempawah, Dinas Sosial, Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Tenaga Kerja, Sekretaris DPRD Mempawah, Dinas Pertanian dan Dinas Perumahan Pemukiman. 

Sekretaris Daerah Mempawah, Mohcrizal mengungkapkan, sampai dengan saat ini ketujuh posisi itu memang kosong dan sementara diisi seolah pelaksana tugas.

“Jadi nanti OPD itu akan dilelang. Kita rencanakan sebelum akhir tahun semua sudah beres,” kata Mochrizal, Kamis (26/10). 

Terkait lelang itu pemerintah daerah tengah melakukan sejumlah persiapan, termasuk pembentukan Tim Panitia Seleksi dan Tim Assesor. “Proses tahapan yang telah dilakukan semua berdasar aturan dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN),” ucapnya.

Dia menjelaskan, aparatur sipil negara yang dapat mengikuti lelang jabatan itu adalah minimal Golongan 4A. “Di mana itu nantinya akan dilakukan penyeleksian karena tim-tim yang melakukan penyeleksian tersebut memang orang yang berkompeten di bidangnya masing-masing,” ucapnya.

Dipercepatnya pengisian jabatan kepala OPD definitif agar dapat segera membuat kebijakan-kebijakan strategis. Pasalnya seorang pelaksanana tugas tentunya memiliki batas kewenangan. Seperti misalnya harus konsultasi dengan bupati jika ingin mengeluarkan kebijakan.

“Kalau sudah ada pejabatan definitif tentunya akan memiliki kewenangan penuh dalam mengeluarkan kebijakan,” ucapnya. 

Dia meyakini, jika proses lelang jabatan dapat digelar pada bulan-bulan ini tentunya para pejabat yang terpilih telah dapat bertugas secara penuh di tahun 2018 mendatang. 

“Tentunya pejabat terpilih kami harap segera menjalankan program-programnya,” dambanya. 

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Mempawah, Abdullah berujar, pelaksanaan lelang jabatan saat ini masih dalam persiapan. Namun semua itu akan mengacu pada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil. 

“Bersama tim seleksi kita sedang melakukan persiapan,” ucapnya. 

Dia menerangkan, lelang jabatan yang akan digelar nantinya terbuka untuk seluruh ASN di Kalbar. Artinya jika telah memenuhi syarat golongan dan walau pun berasal dari kabupaten lain dapat ikut serta. 

“Ini sudah kali kedua kita gelar lelang jabatan. Semoga lancar tanpa ada kendala berarti. Namun yang pasti dapat memilih pejabat yang berkompeten,” ujarnya.

Sebelumnya, pada lelang jabatan tahap pertama memilih 10 pejabat Eselon II. Dan diikuti oleh 49 pejabat administrator Eselon III di lingkungan Pemerintah Kabupaten Mempawah.

Adapun masing-masing posisi jabatan yang di tempati adalah Staf Ahli Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik oleh Zulkarnaen SSos, Asisten Tata Praja Setda Mempawah Juli Suradi B, Asisten Administrasi dan Umum Setda Mempawah Drs Suwanda, MSi.

Inspektorat Daerah Kabupaten Mempawah Drs Sumanto MSi, Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Mempawah dr Sahaerul Faridin, Kepala Dinas Penanaman Modal, Koperasi UKM dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Nurmala SH, MSi, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Mempawah Johana Sari Margiani SSos MSi.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Mempawah Drs Agit Sugiarto, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Mempawah Drs Aswin AS, MT dan Kepala Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah Kabupaten Mempawah Dra Irnawati, MSi.


Langsung Umumkan Hasil


Kepala Bidang (Kabid) Tenaga Kerja, Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Tenaga Kerja Mempawah, Ya Hermizar mengaku berkeinginan untuk ikut kembali lelang jabatan tersebut. Seperti diketahui, sebelumnya dia juga mengikuti lelang jabatan yang digelar beberapa waktu lalu, namun saat itu dia belum berhasil.

“Saya akan ikut lagi. Walau kemarin tak berhasil tapi taka pa. Saya akan ikut lagi,” kata Ya Helmizar.

Helmizar mengharapkan, agar dalam lelang jabatan yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Mempawah ini bisa langsung mengumumkan hasil dari seleksi yang akan berkompetensi dalam lelang jabatan tersebut.

"Jika menurut saya sih alangkah baiknya hasil dalam seleksi tersebut bisa langsung diketahui," ungkapnnya. (ben/ang)

Komentar