Puting Beliung Hantam Lima Rumah Warga di Mempawah

Mempawah

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 373

Puting Beliung Hantam Lima Rumah Warga di Mempawah
TUMBANG – Sejumlah warga bersama personel kepolisian bahu-membahu menyingkirkan pohon tumbang di Jalan Raya Wajok, Kecamatan Siantan, Mempawah, akibat terjangan putting beliung, Senin (4/12). (Ist)
MEMPAWAH, SP - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Mempawah, mendata sebanyak lima rumah warga di dua desa di Kabupaten Mempawah diterjang angin puting beliung. Meski demikian, belum ditemukan adanya korban jiwa, Senin (4/12).

"Lima rumah tersebut terdiri empat rumah di Desa Wajok Hilir, Kecamatan Siantan dan satu rumah di Desa Terap, Kecamatan Toho," ungkap Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Mempawah, Didik sudarmanto.

Menurutnya, kejadian tersebut sekitar pukul pukul 11.30 WIB. Kondisi angin kencang disertai hujan, akhirnya dari lima rumah tersebut dua di antarannya rusak berat.

Dia mengatakan, angin puting beliung secara spontanitas ini sudah terjadi sebanyak tujuh sampai sembilan kali di tahun ini.

"Baik itu di Kecamatan Siantan, Desa Wajok Hilir maupun di Kecamatan Toho maupun Kecamatan Sungai Pinyuh," ungkapnya.

Pihak BPBD rencananya, besok akan menyalurkan bantuan terhadap warga yang terkena dampak angin puting beliung tersebut, baik berupa sembako maupun lainnya.

"Diharapkan agar setiap warga harus selalu berhati-hati melihat keadaan cuaca saat ini," katanya.

Paur Humas Polres Mempawah, Iptu Imam Widyatmoko mengungkapkan, sebuah pohon di Jalan Raya Wajok, Kecamatan Siantan, tumbang dan menimpa kabel listrik hingga menjuntai ke jalan. Diduga penyebabnya putting beliung yang melanda sejumlah daerah, termasuk di Mempawah, Senin (4/12).

"Sejauh ini tak ada laporan pengendara menjadi korban," kata Imam.

Atas kejadian itu, personel kepolisian bersama sejumlah warga segera melakukan langkah cepat dengan cara menyingkirkan dahan pohon agar tak mengganggu lalu lintas.

"Kita bersama-sama masyarakat mencoba mengevakuasi, karena melihat kondisi jalan sudah macet dan bisa kembali lancar," ungkapnya. (ben/ang)