Pendidikan Formal dan Agama Anak Harus Seimbang

Mempawah

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 603

Pendidikan Formal dan Agama Anak Harus Seimbang
Ilustrasi. Net
MEMPAWAH, SP - Asisten Ekonomi, Pembangunan dan Kesra Sekretariat Daerah Kabupaten Mempawah, Ismail, mengingatkan masyarakat agar memperhatikan pendidikan umum dan agama bagi anak-anaknya. 

Menurut dia, dengan bekal ilmu pengetahuan yang cukup, akan lahir generasi muda yang berakhlak mulia dan cerdas. 

“Untuk menciptakan generasi muda yang memiliki akhlak yang mulia bukan dihasilkan dari pendidikan formal di sekolah saja, namun faktor lingkungan sangat berperan terhadap keberhasilan pendidikan anak,” kata Ismail, kemarin.

Karena itu, Ismail berpesan agar para orang tua selalu peduli dengan kegiatan anak-anaknya. Hal itu, menurut dia, sangat penting agar anak tidak terjerumus pada tindakan dan perilaku yang dilarang agama. Salah satunya penyalahgunaan narkotika yang semakin mengancam dan membahayakan generasi bangsa. 

“Jangan sampai anak-anak kita terjerumus dalam lembah hitam narkoba dan pergaulan bebas yang merusak akhlak dan masa depannya.” 

Pada kesempatan itu  Ismail mengajak seluruh elemen masyarakat meningkatkan kualitas hidup dengan menambah ilmu dan terus memperkaya wawasan. Ia juga mengingatkan para orangtua memastikan hak-hak pendidikan bagi anak-anak. Jangan sampai, ujarnya, ada anak yang putus sekolah akibat permasalahan ekonomi keluarga. 

“Tidak ada alasan lagi anak-anak untuk tidak menikmati sekolah. Karena pemerintah telah menjamin pendidikan gratis bagi anak-anak. Jangan lagi khawatir soal biaya pendidikan,” ia menegaskan. 

Ismail menyatakan pendidikan menjadi bagian terpenting dalam proses mencetak sumber daya manusia generasi bangsa. Tanpa pendidikan, generasi muda akan tumbuh menjadi manusia yang minim pengetahuan dan sulit mengikuti perkembangan zaman. 

“Untuk itu anak-anak harus dibekali dengan ilmu pengetahuan yang mumpuni. Namun, ilmu pengetahuan itu harus  seimbang. Antara pengetahuan formal dan agama harus saling sejalan dan melengkapi,” katanya. (ben/ang)