Daniel Berharap Pemerintah Jangan Kecewakan Nelayan, Kalau Tidak Kepercayaan akan Hilang

Mempawah

Editor K Balasa Dibaca : 481

Daniel Berharap Pemerintah Jangan Kecewakan Nelayan, Kalau Tidak Kepercayaan akan Hilang
Wakil Ketua Komisi IV DPR RI, Daniel Johan. (SP/Umar)
MEMPAWAH, SP - Sudah tiga tahun lebih nelayan khususnya pengguna cantrang dan pukat hela, menantikan solusi dari pemerintah yang melarang nelayan menggunakan alat tangkap ikan tersebut.

Memang, keputusan terbaru dari Presiden telah melegalkan penggunaan cantrang. Namun, di balik penglegalan itu pemerintah mensyaratkan nelayan yang dinilai memberatkan sehingga keputusan itu tidak lagi menguntungkan nelayan.

Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Daniel Johan, mengatakan apabila nelayan terus saja dikecewakan dengan keputusan yang memberatkan, maka ia mememastikan kepercayaan para nelayan kepada pemerintah akan hilang.

"Kalau nelayan sampai tiga tahun dikecewakan dan terus dikecewakan tanpa ada jalan keluar, ya ratusan ribu nelayan tidak akan memberikan kepercayaan kepada pemerintah saat ini," ujarnya kepada awak media di sela silaturahmi bersama nelayan di Kabupaten Mempawah, Jumat (2/1).

Pemerintah telah melegalkan penggunaan cantrang dengan syarat, nelayan diwajibkan memasang alat semacam GPS yang harganya cukup mahal. Nelayan dilarang melaut lebih dari 12 mil, padahal sesungguhnya itu merupakan wilayah nelayan kecil.

Dan yang terakhir, nelayan boleh menggunakan cantrang jika bersedia menandatangani persyaratan tersebut.

Politisi PKB ini menuturkan, dirinya tidak ingin ratusan ribu nelayan hilang kepercayaannya terhadap Presiden Joko Widodo. Oleh karenanya, pemerintah harus memberikan solusi yang terbaik bahi nelayan pengguna cantrang.

"Itu akan berdampak terhadap kepecayaan rakyat terhadap pemerintahan Pak Jokowi. Dan kita ingin itu tidak terjadi," pungkasnya. (umr)