Presiden Jokowi Disebut Hadiri Groundbreaking Pelabuhan Kijing

Mempawah

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 937

Presiden Jokowi Disebut Hadiri Groundbreaking Pelabuhan Kijing
Ilustrasi. Net
MEMPAWAH, SP – Ketua Tim Pendampingan Pengadaan Tanah Pelindo II, Nur Utama, mengungkapkan rencana pembangunan Pelabuhan Internasional Kijing di Sungai Kunyit Mempawah. 

Dia menyebut, rencana groundbreaking atau peletakan batu pertama pembangunan akan dilakukan pada Kamis 5 April 2018 dengan dihadiri langsung Presiden Indonesia, Joko Widodo.

“Informasinya tanggal 5 April ini. Tapi kita masih menunggu kepastian dari Jakarta, apakah Pak Presiden bisa ke Mempawah atau tidak,” kata Nur Utama, kemarin.

Menurut dia, Pelindo II memang menargetkan mulai pembangunan pada tahun 2018 ini dan diperkirakan selesai tahun 2019. “Tahun depan Pelindo inginnya sudah bisa beroperasional,” ucapnya. 

Terkait realisasi pembangunan, Pelindo mengaku telah mempersiapkan kelengkapannya, termasuk kontraktor pelaksana. 

“Pembangunan tahap pertama dengan jumlah lahan sekitar 53 hektare, rencanannya akan dikerjakan langsung di dua lokasi. Baik untuk  setengah terminal laut maupun setengah terminal darat,” ungkapnya.

Namun jika kemudian peletakan batu pertama kembali mundur, Pelindo tetap menargetkan selesai 2019. Tentunya dengan pola kerja lembur.

Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Mempawah, Komarudin mengungkapkan, sebanyak 126 orang pemilik lahan untuk pembangunan pelabuhan sudah dibayarkan oleh pihak Pelindo II.

"126 orang yang udah dibayarkan ini untuk tahap satu, gelombang 1,2 dan 3 yang dilaksanakan pembayaran melalui nontunai, yaitu transfer secara langsung ke rekening mereka," jelasnya.

Menurutnya, dari  126 orang itu, ada sekitar 20- 30 orang yang belum dibayar karena mengajukan gugatan ke pengadilan.

"Jika di pengadilan sudah selesai. Maka 53 hektar untuk tahap pertama selesai," jelasnya. (ben/ang)