Rabu, 11 Desember 2019


Tak Ada Sengketa, Pleno Penetapan Bupati dan Wakil Bupati Mempawah Akan Digelar Besok

Editor:

Indra W

    |     Pembaca: 317
Tak Ada Sengketa, Pleno Penetapan Bupati dan Wakil Bupati Mempawah Akan Digelar Besok

Ketua KPU Mempawah, Muhammad Agoes Soesanto. (SP/Ben)

MEMPAWAH, SP - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mempawah, besok akan menggelar Rapat Pleno Terbuka Penetapan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Terpilih Pilkada Serentak 2018 yang dihelat pada 27 Juni lalu.

Rapat pleno penetapan ini akan dilaksanakan di Wisata Nusantara Hotel dan Resort Mempawah, Rabu (25/7) pukul 13.30 WIB.

Ketua KPU Mempawah, Muhammad Agoes Soesanto mengatakan, penetapan ini dilakukan setelah pihaknya mendapat surat edaran resmi dari Mahkamah Konstitusi (MK) terkait ada atau tidaknya sengketa atau perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) yang teregister di Panitera MK sesuai dengan PKPU Nomor 9 Tahun 2018.

“Jadi,setelah kita melakukan rekapitulasi, kita menunggu surat edaran dari MK tentang permintaan data rekapitulasi permohonan perkara PHPU Pilkada Serentak tahun 2018 dan sudah diterima pada Senin, (23/7),” jelasnya.

Bersamaan dengan itu ditanggal yang sama, KPU Mempawah juga menerima surat dari KPU RI Nomor 739.EY.03-SD/03/KPU/VII/2018 tentang Penetapan Pasangan Calon Terpilih tanpa permohonan PHPU tahun 2018 di MK.

“Salah satu isinya, untuk KPU Kabupaten Mempawah tidak masuk dalam sengketa di Mahkamah Konstitusi,” katanya.

Menurutnya, sesuai PKPU Nomor 9 Tahun 2018, Pasal 54 Ayat 5, dimana pihaknya dapat melakukan penetapan paslon bupati dan wakil bupati terpilih, dengan catatan waktu, paling lama tiga hari setelah MK melakukan registrasi perkara PHPU dalam buku registrasi MK.

“Artinya kita punya masa tiga hari, tanggal 24, tanggal 25 dan tanggal 26. Dan kita mengambil langkah pada tanggal 25 Juli 2018. Kita juga akan berbarengan dengan Kabupaten Kubu Raya, KKU dan Pontianak yang tidak kena PHPU,” jelasnya.

Agoes Soesanto menambahkan, sejauh ini persiapan Rapat Pleno Terbuka Penetapan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Mempawah sudah 90 persen. 

“10 persennya, tinggal pelaksanaanya,” tukasnya. (ben)