Rutan Klas IIB Mempawah Over Kapasitas hingga 200 Persen

Mempawah

Editor Indra W Dibaca : 216

Rutan Klas IIB Mempawah Over Kapasitas hingga 200 Persen
Ilustrasi. (Net)
MEMPAWAH,SP - Over kapasitas Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dan Rumah Tahanan (Rutan) hingga saat ini masih jadi persoalan. Di Rutan Klas IIB Mempawah misalnya, kelebihan penghuni mencapai 200 persen lebih.

“Kita akui, total warga binaan dari dua kabupaten yakni Mempawah dan Kubu Raya di Rutan ini  sudah over kapasitas. Sudah mencapai 200 persen lebih dari total maksimal yang seharusnya ditempati,” kata Kepala Rutan Kelas IIB Mempawah, Hidayah, Senin (6/8).

Berdasarkan data, warga binaan di Rutan Kelas IIB Mempawah saat ini ada sekitar 427 orang. Angka itu jauh melebihi daya tampung yang seharusnya yakni sekitar 115 orang.

Hidayah mengakui, banyaknya jumlah warga binaan yang terus bertambah, membuat pihaknya sedikit mengalami kesulitan dalam melakukan pengawasan. Namun, pengawasan dan razia terus dilakukan, baik bagi pengunjung yang datang maupun penghuni Rumah.

“Untuk pengunjung, kita periksa saat masuk agar tak bisa memasukan barang atau hal-hal yang tak diinginkan,” tegasnya.

Hidayat menambahkan, saat ini pihaknya sudah mendapatkan tambahan personil sekitar 21 orang. Namun saat ini sedang mendapatkan pelatihan di Rindam Singkawang. (ben)