Lahan Gambut Desa Anjongan Dalam Terbakar

Mempawah

Editor Indra W Dibaca : 291

Lahan Gambut Desa Anjongan Dalam Terbakar
Petugas memadamkan api di lahan gambut. (Ist)
MEMPAWAH, SP - Petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mempawah berjibaku memadamkan dua titik api dalam kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di lahan gambut Desa Anjongan Dalam, Kecamatan Anjongan, Kabupaten Mempawah, Selasa (7/8).

Kepala BPBD Mempawah, Didik Sudarmanto mengatakan, pihaknya langsung bergerak ke lokasi setelah mendapatkan informasi dari warga dan Camat Anjongan bahwa di kilo meter (km) 7 dan 9 terdapat kebakaran hutan dan lahan perorangan.

“Setelah mendapatkan info tersebut, para petugas kita langsung ke lokasi kejadian dengan membawa peralatan lengkap,” ujarnya.

Menurutnya, peralatan pemadam yang dibawa terdiri dari dua unit mobil damkar, dua unit mesin portable dan personil sekitar 12 orang, ditambah dari Kecamatan Anjongan dan Danramil Pinyuh.

“Untuk mesin porteble semuanya sekitar empat unit, termasuk punya kecamatan,” tegasnnya.

Penyebab terjadinya kebakaran tersebut masih belum bisa diketahui, dan luas lahan yang mengalami kebakaran juga masih belum bisa terdata.

“Saat ini petugas masih berjibaku untuk memadamkan lahan gambut,” ke.


Terkait hal ini masyarakat diimbau agar tidak membuka lahan dengan cara membakar, apalagi kebun tersebut berlahan gambut.

"Karena lalai sedikit sangat susah untuk di padamkan," katanya. (ben)