Satu Unit Rumah Terbakar di Mempawah, Penderita Lumpuh Alami Luka Bakar

Mempawah

Editor Indra W Dibaca : 209

Satu Unit Rumah Terbakar di Mempawah,  Penderita Lumpuh Alami Luka Bakar
Kondisi rumah Halimah di Jalan Pangsuma Mempawah yang terbakar, Rabu (8/8). (SP/Ben)
MEMPAWAH,SP -  Satu unit rumah warga di Jalan Pangsuma, RT31/RW09, Desa Antibar, Kecamatan Mempawah Timur, dilalap si jago merah, Rabu (8/8) sekitar pukul 15.30 WIB. 

Akibat kebakaran ini, seorang penghuni rumah Supandi (14) yang sedang sakit lumpuh, mengalami luka bakar dan harus dilarikan ke rumah sakit Dr. Rubini Mempawah.

Kapolsek Mempawah Timur, Ipda Suwanto mengatakan, kebakaran diduga disebabkan karena konsleting aliran listrik di atas ruangan kamar depan.

“Diduga karena konsleting, sehingga kabel listrik tersebut meleleh, mengenai tempat tidur. Sehingga menimbulkan api dan meluas membakar seisi rumah,” jelasnnya.

Mengetahui adanya kebakaran, warga beserta petugas pemadam kebakaran BNPB Mempawah berusaha memadamkan api dan baru bisa ditanggulangi sekitar pukul 16:40 WIB.

“Mengenai kejadian tersebut tak ada korban jiwa. Namun Supandi (14) yang sedang sakit lumpuh mengalami luka bakar pada tangan kanan dan kiri, bahu kanan, serta kaki kanan dan kiri. Korban langsung dilarikan ke RS Dr. Rubini Mempawah,” jelasnnya.

Adapun rumah tersebut dihuni oleh lima orang, yakni Halimah (65), Rusna (35), Supandi (14),
Husnol (10 ) dan Faisal (9).

Kepala BPBD Mempawah, Didik Sudarmanto mengatakan, setelah mendapatkan informasi adanya kebakaran rumah milik Halimah, pihaknya langsung menuju lokasi untuk melakukan pemadaman.

“Jadi, kita langsung membawa dua unit mobil pemadam, dan 1 unit mobil rescue dengan 12 orang petugas Damkar dan 4 orang PNS serta dibantu masyarakat sekitar untuk membantu memadamkan api," katanya.

Tak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Namun hanya korban luka bakar dan kerugian materil yang diperkirakan sekitar  Rp150 juta.

“Untuk saat ini, penghuni rumah mengungsi ke rumah kerabatnya yang terdekat,” jelasnya. (ben)