Ujian Renang, 2 Siswa MTs Negeri Tenggelam

Mempawah

Editor Angga Haksoro Dibaca : 1202

Ujian Renang, 2 Siswa MTs Negeri Tenggelam
Mempawah, SP - Dua siswa MTs Negeri 2 Mempawah meninggal tenggelam saat mengikuti ujian praktik renang di Danau Peniraman, Kecamatan Sungai Pinyuh, Kabupaten Mempawah, Selasa (27/11).  

Nabila Putri warga RT 003 RW 01 Desa Peniraman, Kecamatan Sungai Pinyuh. Sedangkan Dea Fitriani warga Gg Usaha Karya, Kecamatan Sungai Pinyuh.  

Menurut keterangan saksi R (13 tahun) salah satu siswa mengatakan sekitar pukul 07.30 WIB, 33 siswa kelas VII A dan VII B ujian praktik berenang untuk mata pelajaran olahraga dipimpin guru Marhatab.  

“Jadi kami beramai ramai langsung menuju ke danau untuk mengambil nilai praktik renang, dalam mata pelajaran olahraga yang didampingi langsung guru Olahraga,” kata R.  

Sesampainnya di danau para siswa langsung disuruh berenang untuk diambil nilainya sambal diabsen. “Jadi saat sedang mandi dan hendak diabsen, korban terlihat sedang bergendongan. Mungkin masuk di kawasan perairan yang dalam,” ujar R.  
Tidak berapa lama saat guru mengabsen murid, tiba tiba tubuh Nabila mengapung. Korban langsung ditolong dan dibawa ke petugas medis.  

“Awalnya, diketahui hanya satu orang yang tenggelam. Namun, ada warga sekitar yang curiga jika masih ada siswa lainnya yang tenggelam,” kata R.  

Saat dilakukan pencarian, ternyata satu siswa lainnya juga ada yang tenggelam yaitu Dea Fitriani warga Gg Usaha Karya. Diketahui kedua korban tidak bisa berenang.  

Ainan (48 tahun) orang tua Nabila, mendapat kabar anak keempatnya tenggelam saat sedang belanja beras di pasar. “Mengetahui hal itu saya langsung mendatangi Puskesmas Sungai Pinyuh. Anak saya sudah meninggal. Saat saya tekan perutnya yang keluar sudah air,” katanya.  

Menurut Ainan saat hendak berangkat ke sekolah Nabila sempat pamit dan mencium tangannya. “Pergi bagus-bagus ke sekolah, saat ini sudah tak ada lagi.”  

Seharusnya saat akan mengambil nilai di kawasan perairan alam bebas, guru memberitahukan kepada orang tua terlebih dahulu. Guru juga harus selalu memantau keadaan anak didiknya.   “

Di mana tanggung jawab guru seperti ini? Seharusnya guru memantau siswa yang dibawanya. Saya selesaikan dulu proses pemakanan dan akan minta pertanggungjawaban serta lapor ke pihak berwajib,” kata Ainan. (ben)