Nelayan Desa Penibung Temukan Dua Tangki Besar Mengapung di Laut

Mempawah

Editor Mul Dibaca : 431

Nelayan Desa Penibung Temukan Dua Tangki Besar Mengapung di Laut
MENGAPUNG - Dua tangki kosong berukuran besar ditemukan nelayan mengapung di lautan.
MEMPAWAH, SP - Sejumlah nelayan di Desa Penibung menemukan dua buah tangki besi besar di kawasan Pulau Setinjang, Kabupaten Mempawah, Minggu (30/12) pukul 10.30 WIB.

Edi Karmawan (48), nelayan di RT 04 RW 02 di Desa Penibung menceritakan, saat menemukan tangki tersebut, dirinya bersama tiga rekannya yang menggunakan satu motor air, hendak pulang ke dari habis memancing di Pulau Setinjang.

“Jadi, saat saya hendak pulang, terlihat sekitar 500 meter dari kita, dua buah benda yang mengapung di lautan lepas. Saya kira sekoci atau rumah kelong,” katanya. 

Saat mendekati, dimana ternyata benda yang mengapung tersebut merupakan tangki besi kosong, yang tak diketahui itu tempat penyimpanan apa. 

Saat ditemukan, kedua tangki besi yang memiliki kode S6vesca tersebut, dalam keadaan kosong dan tak berisi apa apa. 

"Apakah dari kapal tenggelam atau apa kita tak mengetahui,” kata dia. 

Melihat hal tersebut, dirinya langsung menjatuhkan jangkar kapalnya, dan kemudian menghubungi nelayan lain untuk membantu membawa tangki besi kosong ke kawasan Desa Penibung. Karena jarak tangki ke daratan berkisar 5 mil dari bibir pantai.

“Ada tiga motor air yang menyeret ke bibir pantai dengan total 15 nelayan yang membantu,” katanya. 

Proses penyeretan dua tangki besi kosong tersebut, dikatakannya sangat sulit, karena ombak di laut sangat besar. Bahkan satu di antara motor air bagian depannya pecah.

“Sekitar satu jam, dua tangki besi kosong itu baru bisa dibawa di bibir pantai,” terangnya. (ben)