25 Tokoh Kalbar Dianugerahi Gelar oleh Raja Amantubillah Mempawah

Mempawah

Editor Admin Dibaca : 197

25 Tokoh Kalbar Dianugerahi Gelar oleh Raja Amantubillah Mempawah
Raja Amantubilla Mempawah
MEMPAWAH, SP - Kerajaan Amantubillah Mempawah memberikan gelar kepada 25 orang yang dianggap peduli terhadap Bangsa Indonesia khususnya Kalbar, kemarin.

Prosesi yang digelar di keraton tersebut berlangsung hikmat.

25 yang mendapatkan gelar tersebut diantarannya Kepala Basarnas Pontianak, Kapolresta Pontianak, Kapolres Mempawah, Kakanwil Kemenkumham, Kepala Divisi Pemasyarakatan Kemenkumham, Kepala Lapas Klas II A Pontianak, Kepala Rutan Klas II A Pontianak, Kepala Lapas Anak, penyair, pilot dan lain-lain.

Dalam prosesi pemberian gelar kerajaan, diringi dengan ritual adat budaya toana,  dengan disediakan ayam, pulut empat warna, telur, ikan panggang,pisang, sirih, dan air kelapa Bakar. Dimana yang diberikan gelar, diminta untuk  mencicipi.

Setelah prosesi tersebut, langsung dilanjutkan dengan prosesi pembacaan doa untuk mencari keberkahan terhadap Tuhan. Dari berbagai bahasa baik dari Dayak, Khonghucu, sampai bahasa Jin. 

Petuah dari Raja Amantubillah Mempawah, Pembacaan titah, penyematan selempang tanda gelar kehormatan kekerabatan Kerajaan Amantubillah Mempawah.

Raja Mempawah ke-XIII, Pangeran Ratu Mulawangsa Mardan Adijaya mengatakan pemberian gelar ini memang khusus kepada orang-orang yang peduli pada bangsa dan daerah.

“Bahkan saya pernah memberikan gelar kepada penjual tahu yang tak menggunakan formalin,” ucapnya. (ben)