Tujuh Kecamatan di Mempawah Rawan Penyakit Demam Berdarah

Mempawah

Editor Admin Dibaca : 145

Tujuh Kecamatan di Mempawah Rawan Penyakit Demam Berdarah
Ilustrasi
MEMPAWAH, SP - Dinas Kesehatan Kabupaten Mempawah menyatakan tujuh dari sembilan kecamatan di Kabupaten Mempawah rawan terserang Demam Berdarah Dengue (DBD). 

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Mempawah, Jamiril.

Jamiril Memaparkan, tujuh kecamatan di Mempawah yang rawan terserang DBD itu , diantaranya Kecamatan Siantan, Segedong, Sungai Pinyuh, Mempawah Hilir, Mempawah Timur, Sungai Kunyit dan Kecamatan Anjongan. 

“Dua kecamatan lainnya, yakni Kecamatan Toho dan Kecamatan Sadaniangtidak terbilang rawan,” kata Jamiril, di Mempawah belum lama ini.
Ia menegaskan, pihaknya sudah menyediakan abatesasi di setiap Puskesmas sekabupaten Mempawah dan siap didistribusikan kepada warga khsususnya di tujuh kecamatan yang terbilang rawan DBD itu.

“Apalagi saat ini, Mempawah masuk siklus  lima tahunan, dikhawatirkan rawan terjadinya ledakan kasus penderita DBD. Untuk itu kami antisipasi DBD sedini mungkin,” terangnya.

Ia menerangkan, antisipasi dini yang dilakukan pihaknya,  diantarannya  survei di lingkungan masyarakat untuk bekerja sama dengan masyarakat dalam  meningkatkan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) di setiap RT maupun dusun.
“Setiap dusun, RT maupun desa, kami harapkan warganya selalu membersihkan lingkunganya,” katanya.

Dengan dilakukan antisipasi dini,  diharapkannya tidak terjadi Kejadian Luarb Biasa (KLB) kasus DBD di Mempawah. 

Lima tahun yang lalu, terjadim KLB DBD di Mempawah, pasien dirawat hingga di pelantaran rumah sakit. Mudah-mudahan itu tidak terjadi lagi tahun ini,” tutupnya. (ben/jek)

Komentar