Kamis, 19 September 2019


Gusti Ramlana Cari Solusi Penanganan IPA PDAM Ambruk

Editor:

Admin

    |     Pembaca: 210
Gusti Ramlana Cari Solusi Penanganan IPA PDAM Ambruk

Bupati Mempawah Gusti Ramlana mengecek Instalasi Pengolahan Air PDAM Mempawah yang ambruk beberapa waktu lalu.

MEMPAWAH, SP - Pemerintah Kabupaten Mempawah akan menggelar rapat bersama dewan pengawas untuk membahas dan mencari solusi terkait ambruknya Instalasi Pengolahan Air (IPA) Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Mempawah, beberapa waktu lalu.

“Ada tiga opsi alternatif untuk mengatasi ini, yaitu menambah jam kerja petugas dan tegangan listrik agar masyarakt bisa menikmati air PDAM, melakukan rehab secara menyeluruh, ataupun membangun instalasi baru,” kata Gusti Ramlana.

Ia mengatakan, akibat ambruknya Instalasi Pengolahan Air (IPA) PDAM Mempawah, menyebabkan warga di Kecamatan Sungai Pinyuh dan Kecamatan Mempawah Timur tidak bisa menikmati air besih yang bersumber dari PDAM Mempawah .Untuk itu ia, ia meminta agar opsi pertama dijalankan terlebih dahulu.

“Untuk penanganan awalnya, kita meminta PDAM agar bisa menambah waktu operasional (jam kerja). Karena air ini sangat dibutuhkan masyarakat,” tegasnya.

Menurutnya dengan penambahan waktu operasional sebagai alternatif awal, karena untuk penanganan lebih lanjut masih terkendala anggaran.

“Akan kita cek dulu, apakah dana tanggap darurat boleh digunakan. Karena air PDAM yang tidak mengalir di Masyarakat ini merupakan suatu kebutuhan dasar yang sangat diperlukan,” katanya.

Ia mengatakan, jika Instalasi pengiolahan air itu direhabilitasi secara total, maka ia meminta untuk memperhatikan pondasinya, seperti cor padat dengan menggunakan tulang besi yang kokoh.

“Saya berharap opsi pertama jalan dahulu, sambil menunggu IPA yang ambruk tersebut dilakukan rehab total,” pungkasanya. (ben/jek)