Rabu, 20 November 2019


100 Hektare Lahan Gambut di Sungai Pinyuh Terbakar

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 229
100  Hektare Lahan Gambut di Sungai Pinyuh Terbakar

ilustrasi

MEMPAWAH,SP - Badan Penanggulangan Bencana Daerah(BPBD) Kabupaten Mempawah menyatakan 100 hektare lahan gambut di Kecamatan Sungai Pinyuh  terbakar, sejak Minggu (24/3) lalu, lahan gambut ini diduga sengaja dibakar oleh warga. 

Kepala Bidang Penanggulanan BPBD Mempawah, Didik Sudarmanto mengatakan, hingga saat ini pihaknya memantau adanya empat titik panas (hotspot) di dua desa di Kecamatan Sungai Pinyuh,Kabupaten Mempawah.

“empat titik tersebut, dua titik di Desa Galang dan dua titik di Desa Rasau, sedangkan di lokasi lainnya belum, untuk  di Sadaniang sudah padam,” kata Didik Sudarmanto, Senin (25/3). 

Ia mengatajan kebakaran pada lahan gambut di Kecamatan Sungai Pinyuh ini, diketahui sejak Minggu (24/3). Untuk sementara diduga kuat, lahan tersebut sengaja dibakar warga.

"Diduga sengaja dibakar warga untuk membuka lahan pertanian, namun tak bisa mengendalikanya, kebakaran merembet ke kawasan lainnya, karena tanah gambut. Saat ini, empat  empat  titik lokasi yang terbakar di Sungai Pinyuh ini, sudah sekitar 100 hektare,” katanya
Didik menjelaskan, upaya pemadaman yang dilakukan pihaknya, bekerja sama dengan Koramil, Manggala Agni, dan warga sekitar.

"Saat pemadaman kita kesulitan mendapatkan air, dan lokasi juga sulit dijangkau. Makanya kita prioritaskan pemadaman yang mudah dijangkau dulu,” pungkasnya. (ben/jek)