Ramlana Serukan Warga Bayar Pajak Tepat Waktu

Mempawah

Editor elgiants Dibaca : 41

Ramlana Serukan Warga Bayar Pajak Tepat Waktu
BAYAR PAJAK – Bupati Mempawah, Gusti Ramlana membayar pajak bumi dan bangunan perdesaan dan perkantoran (PBB-P2) saat kegiatan kegiatan pekan panutan pembayaran PBB -P2 Kabupaten Mempawah di Kantor BPPRD Mempawah, Selasa (9/4).
MEMPAWAH, SP - Bupati Mempawah, Gusti Ramlana membayar pajak bumi dan bangunan perdesaan dan perkantoran (PBB-P2). Pembayaran pajak itu dilakukan saat kegiatan pekan panutan pembayaran PBB -P2 Kabupaten Mempawah di Kantor BPPRD Mempawah, Selasa (9/4) sekitar pukul 10.00 WIB.


Hal itu dilakukan untuk memberikan contoh kepada masyarakat agar membayar pajak tepat waktu. 

Kegiatan itu dilaksanakan oleh Badan Pengelolaan Pajak dan retribusi Daerah (BPPRD) Kabupaten Mempawah. Ramlana membuka kegiatan itu didampingi Kepala BPPRD Kabupaten Mempawah,Irnawati. kegiatan dihadiri OPD di lingkungan Kabupaten Mempawah, tokoh pemuda dan tokoh masyarakat Kabupaten Mempawah.

“Jadi, saya membayar pajak warisan nenek saya tepat waktu untuk memberikan contoh terhadap masyarakat dan para ASN agar membayar pajak tepat waktu,” katanya.

Ramlana mengatakan,  lewat kegiatan ini untuk mengingatkan warga negara agar memenuhi kewajiban untuk membayar pajak bumi dan bangunan. Patut disadari bahwa salah satu pilar kehidupan bernegara adalah partisipasi warga negara dalam menjunjung pembiayaan negara daerah dalam hal pajak daerah, khususnya PBB-P2. 

“Pajak daerah merupakan aset kita bersama dalam membiayai pembangunan daerah yang sedang kita laksanakan. Sehingga perkembangan bisa mengalami peningkatan yang signifikan, bahkan idealnya APBD dapat kita biayai dari penerimaan sektor pajak daerah. Namun, pada saat ini peranan perpajakan di Kabupaten Mempawah masih kurang dari 10%,” tegasnya.

Oleh karena itu , kegiatan ini merupakan awal yang baik sebagai upaya untuk meningkatkan peranan pajak sebagai salah satu sumber pembiayaan daerah dalam APBD, yang diharapkan dapat meningkat dari tahun ke tahun.

“Realisasi penerimaan PBB-P2 Kabupaten Mempawah tahun 2018 hanya 86, 49% dari target  sebesar Rp 3,6 miliar. Jika dibandingkan penerimaan dari tahun sebelumnya terjadi penurunan, akibat kurangnya kesadaran masyarakat tentang kewajiban membayar pajak tepat waktu,” tegasnya.

Untuk itu, pada kesempatan itu Ramlana mengajak warga, baik pejabat, pelaku usaha,tokoh masyaraka agar membayar pajak bumi dan bangunan lebih awal untuk memberikan contoh dan sebagai panutan kepada masyarakat. (ben/bah)