Senin, 23 September 2019


Erlina: Jadikan Kegiatan Kesiswaan untuk Pengalaman Belajar

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 96
Erlina: Jadikan Kegiatan Kesiswaan untuk Pengalaman Belajar

PEGANG PIALA – Bupati Mempawah, Erlina memegang piala lomba kesiswaan.

MEMPAWAH, SP - Pemerintah Kabupaten Mempawah membuka sebanyak empat kegiatan perlombaan yang diadakan Dinas Pendidikan, Pemuda , Olahraga dan Pariwisata Mempawah di halaman Kantor Dinas Pendidikan, Pemuda , Olahraga dan Pariwisata Mempawah, Kamis (2/5) sekitar pukul 09.30 wib.

Kegiatan tersebut dihadiri Bupati Mempawah, Erlina, Wakil Bupati Mempawah, Muhammad Pagi, kepala dinas pendidikan mempawah dan lainnya.

Empat kegiatan tersebut terdiri dari Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN), Festival Lomba Seni Siswa Nasional(FLS2SN), Pentas Pendidikan Agama Islam dan Gebyar Paud untuk perlombaan bagi jenjang Paud ,SD dan SMP Se Kabupaten Mempawah.

Bupati Mempawah, Erlina mengatakan pendidikan adalah upaya meningkatkan mutu pendidikan di sekolah, yang tidak hanya terfokus pada pencapaian kualitas akademis, namun juga menyangkut aspek non akademik.

“Kegiatan kesiswaan yang diselenggarakan setiap tahun, tidak hanya berorientasi pada kejuaran, akan tetapi esensinya terletak pada nilai pendidikan yaitu menjadikan kegiatan ini sebagai pengalaman belajar,” katanya.


Erlina mengatakan kegiatan kesiswaan ini adalah ajang kompetensi  untuk meningkatkan kemampuan, akan tetapi pada dasarnya kegiatan lomba tersebut merupakan ajang pembelajaran. Terutama dalam hal olah pikir, olah hati dan olah rasa.

“Dengan kegiatan ini juga akan timbul sikap saling menghargai, menghormati, solidaritas dan toleransi.  Karena dalam lomba ini kalah menang bukanlah tujuan utama. Tetapi merupakan satu di antara wadah guna mengapresiasi kebutuhan non akademik siswa yang memiliki bakat dan minat,” katanya.

Erlina berpesan terhadap seluruh peserta untuk berkompetisi secara sehat sekaligus dapat memberikan pengalaman belajar yang baik, terutama untuk mematuhi aturan, mengakui kelemahan diri sendiri dan belajar menghargai kekuatan lawan.

“Oleh karena itu, saya mengimbau kepada seluruh kontingen tetap memelihara kerja sama dan persatuan sesama kontingen. Kepada juri untuk memberikan nilai yang objektif, sehingga dapat menghasilkan atlet yang berkualitas untuk mewakili Mempawah,” tegasnya. (ben/bah)