Erlina Minta BPD dan Kades Jujur dan Terbuka

Mempawah

Editor elgiants Dibaca : 263

Erlina Minta BPD dan Kades Jujur dan Terbuka
BANGUN DESA – Warga bergotong-royong bangun jalan desa. Pembangunan desa diharapkan nyata terjadi lewat dana desa yang telah digelontorkan pemerintah pusat. Ist
Bupati Mempawah, Erlina mengatakan pengelolaan dana desa yang besar mendapatkan perhatian serius dari penegak hukum. Untuk itu, pihak terkait harus memberikan pembinaan, pengawasan dalam penyelenggaraan pemerintahan desa yang bersih.

“Ini gunanya agar terwujud tata pengelolaan desa dan tata keuangan desa yang dapat dipertanggungjawabkan,” katanya, beberapa waktu lalu.

Kepada pihak Badan Permusyawaratan Desa (BPD), kata Erlina, supaya bisa menyesuaikan diri agar bekerja dengan baik dan dapat melihat potensi problematika yang ada di masyarakat. 

“Kedepankan budaya jujur dan terbuka untuk melayani masyarakat. BPD ini pilar kokoh dalam penyelenggaraan otonomi desa,” katanya.

Menurutnya, BPD sebagai kanal aspirasi dalam pengawasan peraturan desa yang sangat penting dalam menentukan kemajuan desa. Sebab, BPD sebagai lembaga formal yang punya peran strategis dalam mendorong transparansi, akuntabilitas dan demokratisasi dan kesejahteraan warga.

“Jadi, BPD ini benteng iklim budaya birokrasi yang tak bersih,” katanya.

Untuk itu, anggota BPD mesti meningkatkan SDM, inovatif, menghindari disharmonisasi antara BPD kepala desa agar dapat membangun desa. (ben/bah)