Pantau Pembangunan Jalan lewat Android

Mempawah

Editor elgiants Dibaca : 94

Pantau Pembangunan Jalan lewat Android
PELUNCURAN – Suasana peluncuran aplikasi SIMPEL JAK di Aula Dinas PUPR Kabupaten Mempawah, Selasa (21/05). Aplikasi itu sebagai bentuk keterbukaan informasi pada penyelenggaraan pembangunan jalan di Mempawah, yang dapat diakses oleh warga lewat android.
Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Mempawah menggelar soft launching Sistem Informasi Penyelenggaraan Jalan (SIMPEL JAK) Kabupaten Mempawah di Aula Dinas PUPR Kabupaten Mempawah, Selasa (21/05). 

Soft launching inovasi Bidang Bina Karya di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Mempawah diresmikan langsung oleh Wakil Bupati Mempawah,  Muhammad Pagi, yang dihadiri OPD Mempawah, instansi terkait, para camat kabupaten Mempawah.


Pagi mengatakan SIMPEL JAK  yang berbasis web ini merupakan satu di antara inovasi yang dilakukan dinas terkait mengenai penyelenggaraan jalan di Kabupaten Mempawah.

“Ini merupakan satu di antara inovasi mengenai keterbukaan informasi publik dalam menjalankan program pembangunan jalan, terutama di Kabupaten Mempawah,” katanya.

Dengan adanya ini, masyarakat Mempawah bisa memberikan saran dan masukan mengenai kinerja yang dilakukan di lapangan, saat melakukan pembangunan jalan. Karena web ini bisa langsung diakses melalui android.

“Karena  di web tersebut, terdapat kolom komentar masyarakat, yang bisa memberikan saran dan masukan mengenai pembangunan jalan di Mempawah,” katanya.

Ia berharap, dengan adanya sistem  berbasis web ini akan terwujud peningkatan pelayanan jalan melalui peningkatan kualitas layanan jalan di Kabupaten Mempawah. 

Kemudian, mengoptimalkan proses penanganan kerusakan jalan dan penyampaian inovasi terkait penyelenggaraan jalan kepada masyarakat dan stake holder (pemangku kebijakan) penyelenggara.

Sementara Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Mempawah, Hamdani mengatakan soft launching? SIMPEL JAK Kabupaten Mempawah yang bisa diakses di android dalam rangka penyelenggaraan jalan di Mempawah.

“Tujuan ini agar terbukanya informasi public dalam pembangunan jalan dari perencanaan dan lainnya,” katanya.

Ia mengatakan, sistem ini satu di antara bentuk percepatan pelayanan terhadap masyarakat, di mana baik masukan ataupun akan kerusakan jalan, bisa dilaporkan langsung melalui web yang telah disediakan.

“Jadi, ini sebagai bentuk percepatan Pemda Mempawah untuk menjangkau masyarakat Mempawah,” katanya. (ruben/bah)