Pemkab Segera Buka Posko Pengaduan THR

Mempawah

Editor elgiants Dibaca : 65

Pemkab Segera Buka Posko Pengaduan THR
Ilustrasi
MEMPAWAH, SP - Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Tenaga Kerja Kabupaten Mempawah segera membuat posko pengaduan bagi karyawan perusahaan yang belum menerima Tunjangan Hari Raya (THR) dari perusahaannya bekerja.

Kepala Bidang Tenaga kerja Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Tenaga Kerja Kabupaten Mempawah, Ya Helmizar mengatakan sekitar H-7 perayaan Idulfitri 1440 H. Pihaknya sudah membuat posko pengaduan karyawan yang tak mendapatkan THR dari perusahaannya.

“Jadi, rencana kita-H 7 Idulfitri kita sudah membuat posko pengaduan,” katanya, baru-baru ini. 

Menurutnya,setiap perusahaan wajib memberikan THR bagi karyawan yang sudah bekerja di perusahaannya, meskipun baru beberapa bulan kerja. Namun perhitungannya berbeda dari pekerja yang sudah sekitar setahun.

“Karyawan yang baru bekerja satu bulan itu ada rumus hitungannya. Sedangkan mereka yang sudah bekerja setahun pembayaran THR-nya sesuai sebulan gaji,” katanya.

Ya helmizar menegaskan, setiap perusahaan sudah melakukan pembayaran THR dua minggu sebelum hari raya Idulfitri. Namun jika berdasarkan aturan itu sekitar H-7 perayaan Idulfitri.

“Pertimbangan kita agar para karyawan yang berencana balik kampung, bisa memenuhi kebutuhannya,”katanya.

Ia berkata, dengan adannya posko pengaduan THR ini, untuk menerima laporan dari para pekerja yang belum mendapatkan THR ataupun pembayaran THR tak sesuai.

“Jika perusahaan membayar terlambat dari aturan yang ditentukan, maka akan dikenakan denda ataupun sangsi administrasi,” tegasnya. (ben/bah)