Rabu, 16 Oktober 2019


Puting Beliung Sapu Belasan Rumah

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 705
Puting Beliung Sapu Belasan Rumah

PORAK-PORANDA – Atap ruko porak poranda diterjang angin puting beliung di Kampung Paoh, Kelurahan Anjungan Melancar, Kecamatan Anjongan, Kabupaten Mempawah porak-poranda dihantam angin puting beliung, Rabu (22/5) sekitar pukul 16.00 wib.

MEMPAWAH,SP -  Belasan rumah di RT 15, RW 01 di Kampung Paoh, Kelurahan Anjungan Melancar, Kecamatan Anjongan, Kabupaten Mempawah porak-poranda dihantam angin puting beliung, Rabu (22/5) sekitar pukul 16.00 wib. Tak ada korban jiwa pada insiden itu. 

Theo (29), warga Kampung Paoh mengatakan bahwa kejadian angin puting beliung terjadi sangat tiba-tiba. Kejadiannya berawal saat cuaca di kawasan Anjungan sedang diguyur hujan yang deras, diiringi petir.

“Tak berselang beberapa lama, hujan sudah mereda. Tiba-tiba  angin yang diduga puting beliung datang dari daerah persawahan langsung menerbangkan seng rumah-rumah warga,“ katanya, Kamis(23/5).

Tak hanya itu, angin puting beliung juga memporak-porandakan dagangan kantin juadah yang sedang berjualan untuk buka puasa.

“Gerobak dan kue-kue kantin juadah semuanya berjatuhan. Listrik yang berada di daerah sekitar langsung mati total,” katanya.

Dari insiden tersebut, diperkirakan sekitar belasan rumah yang terkena bencana angin puting beliung. 

Supangat (44), satu di antara korban mengatakan bahwa paska insiden angin puting beliung, pihak BNPB dan Dinas Sosial Mempawah melakukan pendataan terhadap jumlah rumah yang terkena dampak angin puting beliung.

“Tadi pagi ada didata, namun untuk bantuan, kita belum ada,” katanya.

Menurutnya, dengan adanya insiden ini, pihaknya  sangat membutuhkan bantuan dari pemerintah daerah, mengenai korban yang terkena dampak angin puting beliung.

“Semoga ada bantuan dari pemerintah,” katanya. (ben/bah)

Tak Ada Korban Jiwa

Kapolsek Anjongan, Ipda Ambril mengatakan sebanyak 17 bangunan yang terkena bencana angin puting beliung. 

“17 rumah itu satu kantor urusan agama (KUA) 10 rumah warga dan enam ruko,” katanya saat meninjau langsung korban bencana puting beliung.

Menurutnya, dari insiden tersebut ditegaskannya tak ada korban jiwa. Namun untuk korban materil diperkirakan sekitar seratus jutaan.
“Untuk korban jiwa tak ada, yang ada hanya korban materil,” katanya. (ben/bah)