Rutan Kelas II B Mempawah Diusulkan Jadi Lapas

Mempawah

Editor elgiants Dibaca : 78

Rutan Kelas II B Mempawah Diusulkan Jadi Lapas
RUTAN – Suasana Rutan Kelas II B Mempawah. Rutan ini sedang diusulkan untuk perubahan status menjadi Lapas. ist
MEMPAWAH,SP - Kepala Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II B Mempawah, Hidayah menegaskan bahwa Rutan Kelas II B Mempawah sudah diusulkan perubahan statusnya menjadi Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Minimum.

"Sekitar  Agustus 2019 mendatang, diperkirakan Rutan Kelas IIB Mempawah sudah berubah menjadi Lapas Minimum. Usulan perubahan tersebut sudah dibicarakan dengan Ibu Kadivpas terkait usulan perubahan," katanya, baru-baru ini.

Hidayah menjelaskan perbedaan rutan dan lapas. Rutan adalah tempat tersangka atau terdakwa yang ditahan selama proses penyidikan, penuntutan, dan pemeriksaan di sidang pengadilan. 

Sedangkan lapas merupakan tempat untuk melakukan pembinaan terhadap narapidana dan anak didik pemasyarakatan.

"Rutan ini sifatnya sementara yang belum putus (di sidang pengadilan), sedangkan lapas yang sudah diputus persidangan," katanya.

Ia berkata, dengan adannya perubahan status Rutan Kelas II B Mempawah menjadi Lapas Minimum, tentunya akan dilakukan penambahan-penambahan gedung. Sebab, untuk saat ini Rutan Kelas IIB sudah kelebihan kapasitas warga binaannya.

"Jadi, dari kementerian akan ada penambahan gedung karena adannya perubahan status ini," katanya.

Ia berharap terhadap pemerintah daerah semoga bisa mendukung asimilasi dengan adanya program perubahan status Rutan Kelas II B Mempawah menjadi Lapas Minimum ini. (ben/bah)