Warga Kecewa Air PDAM Keruh

Mempawah

Editor elgiants Dibaca : 73

Warga Kecewa Air PDAM Keruh
Ilustrasi air leding
MEMPAWAH,SP – Lisna, (30) warga Jalan Daeng Manambon mengatakan bahwa kualitas air PDAM Mempawah keruh dan jarang mengalir jika tanpa dibantu pompa.

"Memang air PDAM sangat keruh dan jarang sekali mengalir hingga ke bak penampungan, kecuali menggunakan pompa air baru mengalir," katanya, kemarin.

Ia berkata, biasanya air PDAM mengalir jika menggunakan pompa sekitar pukul 03.00 WIB – 04.00 WIB subuh dan pagi sekitar pukul 07.00 WIB hingga 09.00 WIB. 

Sementara tagihan air PDAM yang diterimanya sekitar Rp 60 ribuan lebih per bulan, meskipun menggunakan sedikit air.

"Seharusnya PDAM bisa memperbaiki, baik kualitas air dan jaringan airnya. Konsumen berhak mendapat pelayanan terbaik," katanya.

Direktur Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Mempawah, Trisna Jaya menjelaskan masih terdapat  aliran air PDAM yang keruh saat disalurkan untuk masyarakat Mempawah. Hal itu disebabkan instalasi pengolahan air (IPA) Mempawah  belum memadai. 

"Kita (PDAM) Mempawah hanya memiliki tiga IPA dengan total penampungan 900 kubik. Dan satu di antaranya yang 200 kubik mengalami ambruk. Sedangkan untuk membuat air yang disalurkan ke masyarakat itu jernih dibutuhkan penambahan IPA agar bisa menampung air sekitar seribu kubik," kata Trisna, Minggu (16/6). 

Dengan total penampungan air di IPA Mempawah yang menyisakan  sekitar 700 kubik, PDAM Mempawah tak bisa mengendapkan air baku untuk mengubahnya menjadi jernih, meskipun sudah diberikan penjernih air seperti tawas dan kaporit.

"Karena saat air masuk di penampungan PDAM tak sempat mengendap. Sehingga air yang disalurkan ke konsumen masih terlihat keruh meskipun sudah diberikan penjernih air seperti tawas dan kaporit," katanya.

Trisna menjelaskan, meskipun air baku PDAM yang diambil tak sempat mengendap dan langsung disalurkan ke konsumen, namun jika konsumen PDAM tak menggunakan langsung airnya, maka keesokan harinya air akan menjadi jernih.

"Jika konsumen PDAM mengendapkannya sehari saja, maka air PDAM akan jernih," katanya.

Ia menjelaskan, proses menjernihkan air tak hanya butuh IPA, namun tempat penampungan air juga sangat diperlukan. 

“Makanya yang sangat dibutuhkan PDAM Mempawah yaitu penambahan pempat penampungan dan IPA,” katanya. (ben/bah)