Minggu, 22 September 2019


Bidik Desa Galang Jadi Desa Mandiri

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 99
Bidik Desa Galang Jadi Desa Mandiri

BANGUN POSKAMLING – Anggota Babinsa dan warga bergotong-royong membangun Poskamling di sebuah daerah. Di Desa Galang, Kecamatan Mempawah, Desa Galang dibidik jadi desa mandiri. Pemdes setempat diminta mengaktifkan siskamling sebagai indikator desa mandiri

MEMPAWAH,SP – Pemerintah Desa Galang, Kecamatan Sungai Pinyuh, Kabupaten Mempawah mendapat penyuluhan percepatan perwujudan desa mandiri di Aula Gedung Serbaguna Kantor Camat Sungai Pinyuh, Kabupaten Mempawah, Kamis (20/6) sekitar pukul 08.30 WIB. 

Penyuluhan itu dilakukan Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi Kalimantan Barat untuk mencapai komitmen Pemerintah Provinsi Kalbar terkait desa mandiri. 

"Kegiatan ini untuk menambah wawasan dan pengetahuan Pemerintah Desa Galang serta masyarakat tentang percepatan desa mandiri di Desa Galang,” kata Ketua Panitia, Inos. 

Penyuluhan ini juga diharapkan terjalin komunikasi efektif antarpihak terkait seperti Babinsa, Bhabinkamtibmas, tokoh masyarakat dan lain-lain guna meningkatkan status desa mandiri di Desa Galang. 

Kegiatan itu diikuti 50 orang yang terdiri dari perangkat Desa Galang, tokoh masyarakat, tokoh adat, karang taruna dan lainnya.

Inos menjelaskan, kegiatan ini merupakan komitmen Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji yang telah disampaikannya dalam visi dan misi yaitu dapat menciptakan desa mandiri. 

Sebab, Kalimantan Barat baru satu desa berstatus desa mandiri dari 2.031 desa yang ada di Kalbar.

"Dari 2.031 desa yang ada di Kalbar, rinciannya 53 desa maju, 372 desa berkembang, 928 desa tertinggal dan 677 desa sangat tertinggal," paparnya.

Maka dari itu, Satpol PP Kalbar sebagai perangkat daerah yang memiliki kewenangan dalam menegakkan Perda dan menyelenggarakan ketertiban umum serta ketenteraman dan perlindungan masyarakat, berperan dalam pemenuhan indikator indeks ketahanan sosial (IKS) pada variabel keamanan dan indeks ketahanan lingkungan (IKL) pada variabel tanggap bencana.

"Jadi, kegiatan ini guna pembinaan dan penyuluhan dalam rangka percepatan perwujudan Desa Mandiri di Kalbar," katanya. (ben/bah)

Aktifkan Siskamling 

Wakil Bupati Mempawah, Muhammad Pagi mengatakan, Desa Galang dijadikan sebagai pilot project untuk percepatan perwujudan Desa Mandiri, khususnya dalam pemenuhan indikator indeks ketahanan sosial (IKS) pada variabel keamanan dan indeks ketahanan lingkungan(IKL) pada variabel tanggap bencana

"Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat telah mengeluarkan kebijakan untuk mempercepat peningkatan status kemajuan dan kemandirian desa di Kalimantan Barat melalui Peraturan Gubernur Nomor 1 Tahun 2019," jelasnya.

Pemda Mempawah sangat mendukung karena sesuai dengan visi daerah yaitu menjadikan Kabupaten Mempawah yang cerdas, mandiri dan terdepan.

Pagi mengajak semua sector bersinergi untuk mempercepat perwujudan desa mandiri.

"Karena desa mandiri adalah desa maju yang memiliki kemampuan melaksanakan pembangunan desa untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat desa dengan ketahanan sosial, ketahanan ekonomi dan ketahanan lingkungan," ungkapnya.

Dikatakan bahwa Kabupaten Mempawah memiliki 60 desa. Berdasarkan hasil penilaian Indeks Desa Membangun (IDM) Tahun 2018, tergambar terdapat dua desa berstatus sangat tertinggal, 21 desa tertinggal, 30 desa berstatus berkembang dan tujuh desa berstatus maju. Belum ada satu desa pun yang berstatus mandiri.

"Melihat kondisi tersebut, saya sangat menyambut baik kegiatan pembinaan dan penyuluhan dalam rangka percepatan perwujudan desa mandiri yang dilaksanakan di Desa Galang," ujarnya.

Diungkapkan bahewa status Desa Galang sebenarnya sudah cukup baik yaitu berstatus sebagai desa maju. Untuk meningkatkan statusnya menjadi desa mandiri, perlu upaya peningkatan pada aktivitas siskamling (sistem keamanan lingkungan).

"Aktivitas siskamling ini penting. Sebab, dengan siskamling dapat menciptakan rasa aman, nyaman dan tenteram di tengah-tengah masyarakat," jelasnya. (ben/bah)