Minggu, 22 September 2019


Wakil Bupati Doakan Jadi Haji Mabrur

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 90
Wakil Bupati Doakan Jadi Haji Mabrur

PIDATO – Wakil Bupati Mempawah, Muhammad Pagi berpidato saat kegiatan manasik haji reguler 1440 H di Wisma Candramidi Kabupaten Mempawah, kemarin.

Sejumlah 194 Calon Jemaah Haji (Calhaj) Kabupaten Mempawah mengikuti manasik haji reguler 1440 H selama dua hari atau 2-3 Juli di Wisma Candramidi Kabupaten Mempawah, kemarin.

Kegiatan yang diadakan Pemerintah Kabupaten Mempawah tersebut dibuka langsung Wakil Bupati Mempawah, Muhammad Pagi, dihadiri pejabat Kemenag Kabupaten Mempawah dan KUA se-Kabupaten Mempawah. Kegiatan tersebut dimulai sekitar pukul 08.00 WIB.

Muhammad Pagi mengatakan, dukungan dan fasilitas yang diberikan bagi calon jemaah haji Kabupaten Mempawah tahun 2019, tak luput dari peran serta semua pihak. Hal itu sebagai bentuk pelayanan yang diberikan  untuk para calhaj dalam menjalankan ibadah haji.

"Seperti bekal pengetahuan menjalankan ibadah haji, baik rukun,  syarat dan sunah sunah ibadah haji," katanya.

Dia berpesan kepada calhaj yang saat ini sedang mengikuti manasik reguler agar terus berperan aktif selama dua hari kegiatan ini. 

“Tanyakan hal-hal apa saja yang perlu calhaj ketahui terkait proses rangkaian ibadah haji. Tujuannya agar para calhaj, bisa mengikuti seluruh rangkaian ibadah haji, baik yang wajib maupun yang sunnah sesuai yang disyaratkan," katanya. 

Pagi mengingatkan kepada peserta haji Mempawah agar bisa menjaga kesehatan, fisik dan mental selama menjalankan ibadah ke tanah suci mendatang. 

“Jangan menganggap remeh, takabur. Jangan sombong dan jauhi pertengkaran antar sesama maupun pada lainnya. Karena hal itu bisa merusak ibadah kita," nasihatnya.

Ia mengharapkan agar para Calhaj Mempawah membawa nama baik daerah, baik Mempawah maupun Provinsi Kalbar. 

“Dan nama baik negara Indonesia. Semoga para Calhaj Mempawah bisa menjadi haji yang mabrur,” doanya. 

Sementara Kepala Kemenag Kabupaten Mempawah, Kamaluddin mengatakan, jumlagh 194 Calhaj yang mengikuti manasik reguler tahun  2019 berasal dari seluruh kecamatan di Kabupaten Mempawah.

"Untuk pria sekitar 83 orang dan wanita 111 orang," katanya.

Dari 194 calhaj, ada dua kecamatan yang paling terbesar jumlah orangnya yaitu Siantan dan Mempawah Hilir

"Dua kecamatan calhaj kita yang paling banyak yaitu Siantan sekitar 49 orang dan Mempawah Hilir 55 orang," katanya.

Dikatakan bahwa Calhaj Mempawah sudah diberikan manasik sebanyak delapan kali.  Sekali manasik lamanya empat jam. Diakuinya bahwa penyelenggaraan haji tahun ini terbilang rumit.

"Namun, jemaah kita lolos semua dalam mengikuti biometrik," katanya.

Ia berpesan agar seluruh Calhaj Mempawah terus menjaga kesehatan. Sejumlah 179 jemaah akan berangkat pada 13 Juli 2019 dari Mempawah ke Asrama Haji Pontianak. Sedangkan untuk 15 orang menyusul karena terdaftar di daftar haji tambahan dari pusat. (ruben/bah)