Rabu, 13 November 2019


Penunggak Pajak Reklame Bakal Ditertibkan

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 125
Penunggak Pajak Reklame Bakal Ditertibkan

TERSEGEL - Petugas Satpol PP beraktivitas di dekat papan reklame yang telah tersegel di sebuah daerah. Pemerintah daerah diminta melakukan penertiban terhadap reklame yang melanggar peraturan atau menunggak.

Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah Kabupaten Mempawah mendata masih terdapat penunggak pajak reklame di tiga kecamatan di Mempawah yang masih belum taat membayar pajak reklame itu. Dalam waktu dekat, pihaknya akan melakukan penertiban.

"(Penunggak pajak) Tiga kecamatan yang belum taat membayar pajak reklame yaitu Kecamatan Siantan, Sungai Pinyuh dan Mempawah Kota," tegas Kepala Badan Pengelolaan pajak dan Retribusi Daerah Kabupaten Mempawah melalui Kasubid Penagihan Pajak dan Retribusi, Syarif Hilman Noviardi, Rabu (3/7).

Pemasang reklame di tiga kecamatan yang belum melakukan pembayaran pajak reklame diperkirakan sekitar 30 persen, yaitu mereka yang telah memasang iklan di toko-toko di kawasan Mempawah.

"Target kita sekitar Rp 800 jutaan untuk tahun 2019. Saat ini sudah terkumpul sekitar Rp 400 jutaan," katanya.

Dikatakan bahwa penertiban ini dilakukan dengan tujuan agar pihak-pihak terkait yang melakukan pemasangan reklame di took-toko tersebut taat pajak. Aturan ini diberlakukan untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Mempawah.

"Maka dari itu, dalam waktu dekat kami bersama Pol PP Mempawah akan melakukan penertiban terhadap mereka yang tak taat pajak," katanya.

Pihaknya pun akan mengenakan denda sebesar dua persen bagi penunggak pajak. 

"Yang dikenakan bukan pemilik tokonya, akan tetapi pihak-pihak yang memasang reklame tersebut," tegasnya. (ruben/bah)