Minggu, 22 September 2019


Erlina Komitmen Majukan Daerah

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 219
Erlina Komitmen Majukan Daerah

PELUNCURAN - Bupati Mempawah, Erlina meluncurkan gerakan Mempawah Bersedekah saat peringatan Hari Jadi Kabupaten Mempawah ke 60 di halaman Pemda Mempawah, Kamis (4/7).

MEMPAWAH,SP - Pemerintah Kabupaten Mempawah menggelar Apel Hari Jadi Kabupaten Mempawah ke 60 di halaman Pemda Mempawah, Kamis (4/7) sekitar pukul 08.00 WIB.

Apel  tersebut dipimpin Bupati Mempawah, Erlina, dihadiri Sekda Provinsi Kalbar, Wabup Sambas, jajaran Forkopimda Kabupaten Mempawah dan jajaran OPD di Pemkab Mempawah.

Seluruh jajaran OPD menggunakan pakaian adat Telok Belanga pada kegiatan yang berlangsung khidmat itu. Usai apel, pemkab meluncurkan gerakan Mempawah Bersedekah. Selanjutnya diadakan kegiatan ramah tamah di Balairung Setia, Pemda Mempawah.

Perda Mempawah Nomor 8 Tahun 2017 tentang Hari Jadi Kabupaten Mempawah mengacu pada UU Nomor 27 Tahun 1959 tentang Penetapan UU Darurat Nomor 3 Tahun 1953 tentang Perpanjangan Pembentukan Daerah Tingkat II di Kalimantan.

"Untuk itu, dalam mengenang terbentuknya Kabupaten Mempawah yang kita cintai dan telah berusia 60 tahun ini, yang ditetapkan tanggal 4 Juli, mari jadikan Mempawah daerah maju," tegasnya.

Erlina mengajak masyarakat agar terus bersemangat membangunan Mempawah. 

"Karena kita semua berkewajiban dan punya tanggung jawab untuk memajukan Kabupaten Mempawah, menjadi daerah otonom yang lebih baik, lebih maju dan mandiri di masa mendatang," tegasnya.

Erlina mengatakan, Kabupaten Mempawah tak boleh sampai dipandang sebelah mata oleh kabupaten lain. Dikatakan bahwa tujuan akhir penyelenggaraan pemerintahan yaitu terwujudnya kesejahteraan masyarakat.

"Karena visi dan misi kita yaitu menjadikan Kabupaten Mempawah mandiri, cerdas dan terdepan," tegasnya.

Erlina berharap, dalam Dirgahayu Kabupaten Mempawah ini, semua pihak mesti memberikan yang terbaik untuk Kabupaten Mempawah.

Sementara Sekda Provinsi Kalimantan Barat, Al Leysandri memaparkan dalam momentum ini supaya dapat meningkatkan semangat Kabupaten Mempawah untuk membangun, guna mewujudkan masyarakat yang aman dan sejahtera sebagai satu di antara barometer kabupaten dan kota di Kalbar. 

“Semoga Kabupaten Mempawah bisa menjadi contoh bagi daerah lainnya, baik terkait pelayanan publik, pembangunan infrastruktur maupun tata kelola pemerintahan," katanya.

Menurutnya, Kabupaten Mempawah merupakan cerminan salah satu kabupaten yang dapat berinovasi di Kalimantan Barat. Khususnya dengan adanya pembangunan Pelabuhan Internasional di Pantai Kijing yang menjadikan jalur sutra baru.

"Semua capaian prestasi yang  berhasil dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Mempawah agar dapat bisa terus ditingkatkan," tegasnya.

Kepada Bupati Mempawah, diperintahkan untuk mendata dan memetakan kawasan kawasan yang terbilang rawan bencana. Karena data yang akurat akan menentukan keberhasilan Bupati Mempawah ke depan. (ben/bah)

Belajar Kelola Daerah

Wakil Bupati Sambas, Hairiah mengatakan bahwa Sambas harus banyak belajar kepada Kabupaten Mempawah dalam memberdayakan SDM, SDA yang melimpah agar menghasilkan APBD yang maksimal.

"Jadi, kita perlu belajar dari Mempawah," katanya.

Melihat Kabupaten Mempawah yang sekaligus menggelar Mempawah Bersedekah dan Mempawah Bershalawat, dikatakan sejalan dengan Kabupaten Sambas yang Berakhlakul Karimah.

"Mudah-mudahan pembangunan yang ada sejalan dengan pembangunan yang ada di Kalbar," tegasnya. (ben/bah)