Puluhan Hektare Lahan Terbakar di Sungai Pinyuh

Mempawah

Editor elgiants Dibaca : 86

Puluhan Hektare Lahan Terbakar di Sungai Pinyuh
TERBAKAR – Lahan gambut terbakar di Kecamatan Sungai Pinyuh, Kabupaten Mempawah, Selasa (16/7). Ist
MEMPAWAH, SP - Puluhan hektare lahan gambut terbakar di Desa Rasau, Kecamatan Sungai Pinyuh, Kabupaten Mempawah, Selasa (16/7) siang sekitar pukul 13.00 WIB.

Tampak asap tebal membumbung tinggi ke langit. Keringnya lahan ditambah kencangnya angin, membuat api dengan mudah merambat ke lahan yang lain.

Medan yang sulit ditempuh, membuat petugas gabungan dari anggota kepolisian dan koramil serta petugas pemadam kebakaran dari Sungai Pinyuh dan BNPB Mempawah kesulitan untuk menjangkau lokasi untuk memadamkan api.

Kapolsek Sungai Pinyuh, AKP Shandy mengatakan, setidaknya sampai saat ini sudah kurang lebih 25 hektare lahan yang terbakar. Pihaknya belum mengetahui apakah lahan yang terbakar itu milik warga atau perusahaan.

"Keterbatasan alat dan susahnya akses jalan untuk menuju lokasi kebakaran menjadi kendala kita saat ini," ujarnya.

Akhirnya, helikopter yang membawa Water Boombing dikerahkan untuk memadamkan api.

Sampai saat ini pihaknya masih melakukan penyelidikan penyebab pasti dari peristiwa kebakaran tersebut, apakah ada unsur kesengajaan atau tidak.

"Jika kita menemukan pelaku pembakaran, maka akan kita tindak tegas dan akan kita berikan sanksi hukum terhadap pelaku pembakaran tersebut," pungkasnya. (sua/bah)