Kamis, 12 Desember 2019


30 Pasangan Diterbitkan Buku Nikah

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 93
30 Pasangan Diterbitkan Buku Nikah

BERI BUKU NIKAH - Wakil Bupati Mempawah, Muhammad Pagi memberikan buku nikah usai dalam kegiatan isbat nikah di halaman Kantor Desa Galang, Kecamatan Sungai Pinyuh, Kabupaten Mempawah, Rabu (17/7).

Pemerintah Kabupaten Mempawah melakukan isbat nikah terpadu terhadap 30 pasangan suami istri di halaman Kantor Desa Galang, Kecamatan Sungai Pinyuh, Kabupaten Mempawah, Rabu (17/7). 

Kegiatan tersebut dibuka Wakil Bupati Mempawah, Muhammad Pagi dan dihadiri Wakil Ketua Pengadilan Agama Mempawah, Mahdi, Kadis Dukcapil Kabupaten Mempawah, Camat Sungai Pinyuh, Kades Galang dan Kepala KUA Kabupaten Mempawah.

Pagi mengatakan, 30 pasangan suami istri yang melakukan isbat nikah terpadu merupakan pasangan yang sudah sah secara agama. Namun, tidak tercatat di instansi pemerintah terkait karena sejumlah faktor.

“Peserta isbat nikah ini sudah menikah, tapi karena kurangnya pengetahuan dan informasi, sehingga peserta isbat nikah ini belum memiliki buku nikah,” ujarnya.

Menurutnya, pemkab telah menganggarkan melalui APBD untuk program isbat nikah, agar masyarakat memiliki buku nikah. Dengan demikian, administrasi kependudukan pasangan suami istri itu legal dan lebih mudah mengurus keperluan lainnya.

“Untuk 2020 insya Allah kami telah memprogramkan isbat nikah ini akan difasilitasi oleh pemerintah daerah secara gratis,” ujarnya.
Ia menambahkan, setelah program tersebut dianggarkan, langkah selanjutnya diperlukan adanya pendataan yang akurat di tingkat kecamatan dan desa agar program yang dilakukan direncanakan tepat sasaran.

“Target Pemda Mempawah, dari Bupati Mempawah, Erlina dan saya, selama lima tahun ke depan akan menyelesaikan permasalahan administrasi pernikahan di masyarakat secara bertahap, sehingga seluruh pasangan suami istri di Mempawah, memiliki administrasi (buku nikah),” inginnya. (ruben/bah)