Jumat, 13 Desember 2019


BPBD Daerah Siaga Pantau Lokasi

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 80
BPBD Daerah Siaga Pantau Lokasi

WATER BOMBING – Petugas BPBD Provinsi Kalbar menggunakan water bombing untuk memadamkan kebakaran lahan di Desa Rasau, Kecamatan Sungai Pinyuh, Kabupaten Mempawah, Selasa (16/7).

Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Mempawah sudah mulai menyasar kawasan Moton Asam, Desa Antibar, Kecamatan Mempawah Timur. 

Hal ini dinyatakan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mempawah, Hermansyah, Kamis(18/7).

"Di Desa Antibar, terdata sekitar dua hektare lahan gambut yang terbakar, diduga karena membuka lahan," katanya.

Dengan adanya karhutla ini, pihaknya membagi personel ke dua lokasi karhutla yaitu di Desa Rasau, Kecamatan Sungai Pinyuh yang masih terbakar dan Desa Antibar.

"Untuk total personel yang melakukan pemadaman di dua kawasan tersebut sekitar 61 orang yang terdiri atas Polri, masyarakat, manggala agni, TNI dan lainnya," katanya.

Ia mengatakan bahwa untuk total karhutla di Kabupaten Mempawah saat ini sudah mencapai sekitar 82 hektare. Bahkan dalam melakukan pemadaman, pihaknya dibantu pihak BPBD Provinsi dalam melakukan water bombing (bom air) di kawasan Desa Rasau,yang luas lahan yang terbakar mencapai 80 hektare.

"Untuk karhutla saat ini sudah mulai mereda. Namun, pihaknya terus melakukan antisipasi agar karhutla tersebut tak semakin meluas," tegasnya.

Meskipun saat ini karhuta berkurang, namun pihaknya tetap siaga karhutla akan terjadi lagi karena belum turun hujan. (ruben/bah)