Kamis, 19 September 2019


31 Papan Reklame Ditertibkan

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 97
31 Papan Reklame Ditertibkan

TERTIBKAN – Petugas gabungan sedang menertibkan papan reklame yang tak membayar retribusi ke pemerintah daerah, Rabu (7/8). Penertiban ini dilakukan untuk mendorong kepatuhan wajib pajak reklame.

MEMPAWAH, SP - Tak bayar retribusi kepada Pemerintah Kabupaten Mempawah, sejumlah papan reklame billboard dan spanduk ditertibkan petugas gabungan di tiga kecamatan di Kabupaten Mempawah, Rabu (7/8). 

Petugas gabungan itu terdiri atas Badan Pajak dan Retribusi Daerah (BPRD) Kabupaten Mempawah dan Satpol PP Kabupaten Mempawah. 

, yang menertibkan di kawasan Kecamatan siantan, Sungai Pinyuh dan Mempawah Hilir.

Kasubid Pajak dan Retribusi Daerah BPRD Kabupaten Mempawah, Syarif Hilman Noviardi mengatakan sebanyak 31 papan reklame billboard dan spanduk ditertibkan di tiga kecamatan yaitu Siantan, Sungai Pinyuh dan Mempawah Hilir. 

"31 papan reklame billboard dan spanduk tersebut terdiri dari empat buah reklame billboard dan 20 spanduk. Sementara tujuh reklame lainnya dibongkar sendiri oleh pemilik toko," katanya. 

Sebenarnya masih banyak papan reklame yang mau ditertibkan. Namun, ada beberapa perusahaan yang memasang reklame itu akan melunasi retribusi papan reklame billboard dan spanduk yang telah dipasang.

"Kita masih melakukan pendataan terhadap mereka yang akan melakukan pembayaran retribusi," katanya.

Syarif mengatakan penertiban reklame dilakukan untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah( PAD) Mempawah. Potensi pajak reklame sangat besar di Mempawah.

"Pajak reklame ini akan terus diupayakan untuk dimaksimalkan dalam meningkatkan PAD Mempawah," tegasnya.

Ia berharap ke depan perusahaan-perusahaan yang memasang reklame lebih sadar dalam melakukan pembayaran retribusi. Sebab hal itu meningkatkan PAD Mempawah. Pihaknya juga akan menata reklame agar lebih rapi dan enak dipandang.

Sementara Kabid Penegakan Peraturan Perundang-Undangan Daerah Satpol PP Kabupaten Mempawah, Rosmidi mengatakan target penertiban papan reklame billboard dan spanduk bekerjasama dengan instansi terkait.

"Jadi, papan reklame yang ditertibkan di tiga kecamatan di Mempawah ini tak memiliki izin, tidak memperpanjang serta tidak melakukan pembayaran retribusi reklame," tegasnya.

Dalam melakukan penertiban tak ada kendala alias berjalan aman dan terkendali.

"Alhamdulillah, penertiban tak ada kendala," katanya. 

Ia berharap pemasang reklame menaati segala peraturan dan Perda Kabupaten Mempawah. (ben/bah)

Dongkrat Pendapatan Daerah

Tokoh Pemuda Mempawah, Mohlis Saka menilai penertiban papan reklame billboard dan spanduk yang terpasang di Kabupaten Mempawah sangat perlu dilakukan agar bisa meningkatkan PAD Mempawah.

"Penertiban bagi mereka yang tak taat aturan dalam melakukan pemasangan reklame sangat perlu dilakukan. Jika perlu, diberikan sanksi tegas yang telah mengabaikannya," katanya.

Menurutnya, yang tak kalah penting yaitu pendataan jumlah reklame yang telah dipasang perusahaan-perusahaan di Mempawah. Tujuannya agar bisa mengetahui jumlah retribusi yang mereka harus bayar pada pemda.


"Pembayaran retribusi itu satu di antaranya untuk meningkatkan PAD Mempawah yang diperlukan untuk kepentingan daerah dan Masyarakat," katanya. (ben/bah)