Kamis, 19 September 2019


Ribuan Masker Dibagikan ke Puskesmas dan Warga

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 70
Ribuan Masker Dibagikan ke Puskesmas dan Warga

Ilustrasi

MEMPAWAH, SP - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mempawah menyiapkan sekitar 18 ribu lembar masker untuk dibagikan kepada masyarakat di kabupaten itu. 

Pembagian masker itu untuk mencegah warga terpapar langsung kabut asap dari kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayah Mempawah.

"Kita sudah persiapkan 18 ribu masker. Beberapa puskesmas dan warga telah dibagikan," katanya, Rabu (14/8).

Untuk kawasan yang telah dibagikan masker yaitu Puskesmas Sungai Purun, Puskesmas Wajok Hulu, kawasan Toho dan warga di Telayar. Diperkirakan sekitar 3.200 lembar masker yang sudah dibagikan.

"Jadi, kawasan yang banyak kabut asapnya kita prioritaskan pembagian masker," tegasnya.

Untuk kawasan Mempawah Kota belum dilakukan pembagian masker karena kualitas udaranya masih baik. 

"Udaranya (kawasan Mempawah Kota) masih normal. Namun, apabila kabut asapnya semakin tebal, kita juga akan sebar masker untuk masyarakat," katanya.

Sementara Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Mempawah, Muchtar Siagian mengatakan pihaknya sudah menyebarkan masker ke enam puskesmas di Kabupaten Mempawah.

"Total yang sudah kita sebar sekitar enam ribuan di enam puskesmas yakni Takong, Toho, Semudun, Sungai Kunyit , Jungkat, Sadaniang maupun masyarakat secara umum. Stok masker masih dimiliki sekitar 20 ribuan lembar masker," katanya.

Ia menghimbau kepada warga untuk tidak banyak ke luar rumah untuk menjaga kesehatan.

"Jika pun hendak ke luar rumah, diusahakan pakai masker," katanya. (ben/bah)