Kamis, 05 Desember 2019


Promosikan Pulau Temajo

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 142
Promosikan Pulau Temajo

PULAU TEMAJO – Panorama pasir panjang Pulau Temajo di Kecamatan Sungai Kunyit, Kabupaten Mempawah. Dinas Pariwisata setempat akan mengembangkan pulau itu untuk menarik wisatawan berlibur.

MEMPAWAH, SP - Dinas Pendidikan, Pemuda, Olah Raga dan Pariwisata Kabupaten Mempawah akan mengembangkan potensi besar wisata bahari di pasir panjang Pulau Temajo, Kecamatan Sungai Kunyit, Kabupaten Mempawah, Minggu (15/9). Tujuannya meningkatkan wisatawan yang akan berkunjung ke Mempawah.

Kepala Bidang Pariwisata Dinas Pendidikan, Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Mempawah, Raja Fajar mengatakan, dalam mengembangkan potensi wisata bahari di Kabupaten Mempawah, perlu keterlibatan semua pihak, baik dari Pemda Mempawah, masyarakat maupun pihak-pihak travel perjalanan wisata .

"Jadi, ini sebagai bentuk komitmen kita dalam memajukan pariwisata di Mempawah. Hal ini juga termasuk dalam visi dan misi Bupati Mempawah yang akan mengembangkan pariwisata Mempawah," katanya. 

Menurutnya,wisata bahari di pantai pasir panjang Pulau Temajo Mempawah memiliki keindahan alam. Para wisatawan akan dimanjakan dengan fasilitas-fasilitas yang telah disediakan di Pulau Temajo.

"Fasilitas itu seperti homestay,  snorkeling maupun permainan air lainnya. Semuanya untuk memanjakan wisatawan, baik dari dalam maupun dari luar negeri, untuk menikmati keindahannya," katanya.

Untuk titik diving bagi para pecinta keindahan eksotika alam bawah air, terdapat juga di beberapa titik yang keindahannya sangat mempesona seperti di pulau terdekatnya.

"Banyak spot-spot yang bisa memanjakan wisatawan yang datang, baik dari keindahan pantainya dan keindahan spot divingnya. Banyak terumbu karangnya seperti di Pulau Pedamaran, Pulau Datok dan Pulau Pedamaran," katanya. 

Adapun langkah yang dilakukan Pemda Mempawah melalui bidang pariwisata, pihaknya mencoba mengembangkan wisata-wisata yang berada di Kabupaten Mempawah, dengan cara membuat aplikasi berbasis android pada 2019.

"Jadi, wisatawan yang ingin datang menikmati akan keindahan wisata di Mempawah, tinggal melihat aplikasi yang akan kami kembangkan dengan pihak Kominfo Mempawah maupun Bappeda Mempawah," tegasnya.

Tak hanya itu, Pemda Mempawah juga akan memperhatikan standarisasi bagi para pelaku pariwisata untuk di Pulau Temajo dan akan memberikan pendampingan.

"Harapan kita ingin Pulau Temajo menjadi magnet wisatawan dalam maupun luar negeri," katanya.

Sementara Kabid Pengendalian Bappeda Kabupaten Mempawah, Ami Febrianto mengatakan, pihaknya akan bersinergi dengan stakeholder di bidang pariwisata.

"Jadi, keterlibatan Bappeda Mempawah agar program-programnya lebih terarah dan dapat dirasakan," katanya.

Dalam mengembangkan pariwisata Mempawah, butuh pihak yang dilibatkan agar wisata di Mempawah ini potensinya bisa dikenal masyarakat luas. 

"Saya lihat potensi di pulau ini tak kalah dengan kawasan lainnya. Yang paling terpenting yaitu cara mengemasnya. Potensi di Pulau Temajo ini sangat besar," katanya. (ben/bah)

Garap secara Serius 

Tokoh Pemuda Kabupaten Mempawah, Mohlis Saka mengatakan, potensi-potensi keindahan wisata di Mempawah sangat penting untuk terus dikembangkan, terutama wisata pulaunya. 

"Potensi wisata bahari sangat bagus di Mempawah," katanya.

Menurutnya, dalam mengembangkan potensi wisata di Mempawah, peran penting semua pihak sangat diperlukan agar kabupaten Mempawah tak hanya sebagai tempat persinggahan.

"Maka, pemerintah harus menggarapnya secara serius agar orang tertarik untuk berwisata di Kabupaten Mempawah," katanya. (ben/bah)